3 Cara Mengatasi Rasa Takut (2)

Posted by on Aug 28, 2017 in Articles | 0 comments

Ke empat, Penjangkaran atau Anchor

Pernahkah Anda mengalami hal-hal seperti ini :

Saat mendengar sebuah lagu Anda mengingat memori masa lalu dimana lalu tersebut sering kali Anda dengar, mungkin saat SMA, kuliah atau saat pacaran dahulu.

Saat mencium bau parfum tertentu Anda mungkin mengingat istri,suami,orangtua atau teman Anda yang selalu menggunakan parfum tersebut.

Melihat sebuah foto didalam album foto Anda mendadak Anda tersenyum mengingat kenangan saat foto tersebut diambil.”

Lagu, aroma parfum dan foto adalah jangkar yang menghubungkan Anda dengan emosi dan memori dimasa lalu, jadi jika jangkar tersebut dipicu maka akan secara otomatis memori tersebut akan dimunculkan kembali. Teknik ini pertama kali dicetuskan oleh Ivan Pavlov. Ini bermula sebagai studi dalam pencernaan. Ia sedang mencari proses pencernaan pada anjing, khususnya hubungan timbal balik antara air ludah dan kerja perut. Ia sadar kedua hal itu berkaitan erat dengan refleks dalam sistem saraf otonom. Tanpa air liur, perut tidak membawa pesan untuk memulai pencernaan. Pavlov ingin melihat bahwa rangsangan luar dapat memengaruhi proses ini, maka ia membunyikan metronom alat untuk mengatur tempo dalam musik,kemudian di saat yang sama ia mengadakan percobaan makanan anjing.lihat sebuah foto didalam album foto Anda mendadak Anda tersenyum mengingat kenangan saat foto tersebut diambil.

Setelah beberapa saat, anjing itu – yang hanya sebelum mengeluarkan liur saat mereka melihat dan memakan makanannya – akan mulai mengeluarkan air liur saat metronom itu bersuara, malahan jika tidak ada makanan .

Pada 1903 Pavlov menerbitkan hasil eksperimennya dan menyebutnya “refleks terkondisi,” berbeda dari refleks halus, seperti. Pavlov menyebut proses pembelajaran ini “pengkondisian”. Ia juga menemukan bahwa refleks terkondisi akan tertekan bila rangsangan ternyata terlalu sering “salah”. Jika metronom bersuara berulang-ulang dan tidak ada makanan, anjing akan berhenti mengeluarkanludah.

Pavlov lebih tertarik pada fisiologi ketimbang psikologi. Ia melihat pada ilmu psikiatri yang masih baru saat itu sedikit meragukan. Namun ia sungguh-sungguh berpikir bahwa refleks terkondisi dapat menjelaskan perilaku orang gila. Sebagai contoh, ia mengusulkan, mereka yang menarik diri dari dunia bisa menghubungkan semua rangsangan dengan luka atau ancaman yang mungkin. Gagasannya memainkan peran besar dalam teori psikologi behavioris, diperkenalkan oleh John Watson sekitar 1913.

Selama ini Anda memiliki jangkar mungkin secara tidak sengaja terbentuk, akan tetapi dengan menggunakan metode yang sama maka kita dapat membuat jangkar dengan sengaja, ini dimaksudkan adalah untuk memunculkan sebuah memori tertentu yang ada muatan sebuah emosi tertentu yang dimana emosi tersebut akan mengubah kondisi emosi saat ini.

Originally posted 2016-01-06 17:14:54.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*