3P Mengatasi Rasa Takut Saat Berbicara di Depan Umum

Posted by on Sep 14, 2017 in Articles | 0 comments

Perbedaan antara orang sukses dan orang gagal terletak pada cara mereka mengatasi rasa takut. Orang gagal membiarkan rasa takut itu menghentikan mereka sedangkan orang sukses atau para Public Speaker ternama dapat mengatasi takut mereka. Ketakutan sebetulnya hal yang wajar dan alami karena merupakan bagian dari emosi. Emosi itu positif, emosi baru menjadi negatif kalau tidak pada tempatnya dan tidak menyelesaikan masalah. Saat-saat yang paling menentukan lancar atau tidaknya berbicara dengan baik di depan umum adalah lima menit pertama Anda tampil. Jika lima menit itu Anda dapat berbicara dengan lancar maka selanjutnya akan lebih mudah. Berikut rumus 3P terampuh untuk mengatasi rasa takut :

1. Penyesuaian Diri

Contoh : Anda memulai profesi baru menjadi seorang trainer di bidang Training Public Speaking, Anda mengadakan Seminar Trainerpreneur. Walaupun Anda seorang trainer tapi rasa takut masih tetap ada karna rasa takut itu alami. Tapi Anda dapat menyesuaikan diri Anda misalnya menyesuaikan diri Anda di atas panggung.

2. Pernapasan

Secara logika, saat seseorang merasa takut napas yang ditarik menjadi pendek. Apalagi kebanyakan orang bernapas dengan pernapasan dada. Sehingga tidak maksimal dan dapat terjadi kekurangan oksigen sehingga otak kekurangan oksigen terjadilah kebingungan atau blank. Sebaiknya dalam ketakutan menggunakan pernapasan perut dan tarik napas dalam-dalam dengan hidung.

3. Pemanasan

Seperti para atlet sebelum bertanding melakukan pemanasan tetapi yang dilakukan sedikit berbeda dengan pemanasan para atlet. Pemanasan yang dilakukan adalah membicarakan topik yang akan Anda bicarakan dengan orang yang Anda kenal, misalkan isteri, staff, teman ataupun sopir Anda. Tak perlu membuat mereka mengerti hanya pengulangan saja untuk membuat Anda semakin memahami apa yang akan disampaikan.

Originally posted 2016-01-06 19:51:53.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*