5 cara meningkatkan percaya diri dalam public speaking.

Posted by on Oct 15, 2017 in Articles | 0 comments

Semua manusia pasti pernah merasakan rasa rendah diri atau low self esteem. Itu lumrah sebagai manusia. Akan tetapi ketika Anda membawakan suatu seminar, Anda tentunya tidak ingin audience Anda merasakan kegalauan Anda.

Ada 5 cara yang ampuh untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam membawakan suatu seminar.

  1. Posisi tubuh. Posisi tubuh atau dalam bahasa inggrisnya Posture.Busungkanlah dada Anda, tariklah bahu Anda sedikit kebelakang dan sedikit angkat dagu Anda. Dada Anda mendapat oksigen yang cukup sehingga Anda tidak terengah-engah dan kelihatan lebih berwibawa. Bukan hanya Anda yang merasakan, akan tetapi audience Anda pun dapat merasakan kepercayaan diri Anda dan berpikir Anda dapat menyeselesaikan segala sesuatu dengan mudah.
  2. Berpakaian. Dress for succes. Ini penting untuk belajar public speaking, Bukan hanya membuat rasa percaya diri Anda naik, Anda pun kelihatan menarik.
  3. Pujian. Berikanlah pujian kepada orang lain atau audience Anda, dengan memberikan pujian, Anda pun akan mendapat feedback atau pengaruh positif yang sama. Pujian sebaiknya dilakukan di awal presentasi Anda, ada 3 langkah praktis dalam membuat pembukaan presentasi.
  4. Hindari pikiran negatif. Dalam seminar public speaking, ketika Anda berjalan menuju panggung, hindari pikiran yang akan membuat Anda merasa rendah sepertiĀ  Penonton melihatku dengan tidak nyaman,” Aku kurang bisa ini dan itu”. dll. Yang dapat membuat Anda menjadi gugup. Sebaliknya berpikirlah positif, Anda mungkin akan bertemu teman baru, mungkin Anda akan bertemu seseorang yang akan memberikan keuntungan kepada Anda, dll.
  5. Wujudkanlah. Jangan hanya bermimpi, tapi wujudkanlah.Berlakulah seperti mimpi Anda itu sudah menjadi kenyataan. Apapun yang menjadi mimpi Anda buatlah seolah-olah Anda sudah mendapatkannya. Dengan menjadi “Be” person, Anda akan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dalam membawakan presentasi Anda.

Originally posted 2016-01-07 17:36:30.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*