5 Manfaat Sesi Praktik dalam Presentasi

Posted by on Jun 28, 2018 in Articles | 0 comments

“Praktik ! Praktik melalui rekaman video, rekaman audio, atau bermain peran bersama teman dan rekan. Merasa nyaman dengan apa yang hendak dikatakan sehingga anda tidak perlu berpikir lagi. Hal ini membebaskan semua pemikiran anda sehingga selaras dengan audiens”

-Bill Bachrach, penulis dan presenter professional berijazah

 

Public Speaking Jakarta | Sering kali, para presenter menyempurnakan bagian yang seharusnya tidak disertakan dalam presentasi. Hal ini terjadi akibat latihan yang berlebihan pada bagian-bagian tertentu, tanpa mempertimbangkan presentasi tersebut secara keseluruhan. Salah satu strategi yang lebih baik adalah mendengarkan presentasi tersebut sejak awal hingga akhir, walaupun masih dalam bentuk kasar.

Baca Juga : Public Speaking Bukan Hanya Sekedar Berbicara

Sebagian besar presenter terlalu berlebihan dalam menyiapkan materi presentasi, tetapi mereka kurang persiapan dalam hal penyampaiannya. Untuk menghadapi kecenderungan alami ini, kita akan mempelajari lima manfaat sesi praktik dalam sebuah presentasi.

a. Menguji Secara Dini dan Sesering Mungkin

Cara untuk memastikan bahwa anda mempraktikkan secara dini dan mendapat manfaat dari umpan balik dini, yaitu pilihlah sejumlah teman dan mintalah mereka mendengarkan dan memberi anda umpan balik pada sesi praktik anda.

b. Membuat Simulasi Tata Letak dan Audiens semirip Mungkin

Simulasi tata letak, ukuran ruangan yang serupa mampu membuat workshop anda lebih baik. Apabila anda harus melakukan presentasi kepada audiens yang professional dan anda mengenal beberapa, undanglah mereka sebagai audiens untuk menguji anda. Apabila anda tidak mempunyai teman seprofesi dengan audiens yang akan menghadiri presentasi anda, carilah audiens sedekat mungkin dengan audiens sasaran anda dalam hal usia, pendidikan, atau minat.

c. Latihan Menyajikan Presentasi

Sesi praktik dapat dilakukan diberbagai tempat. Latihan melakukan presentasi memberi anda waktu melakukan berbagai koreksi yang perlu atau untuk mencari dan memperbarui segala data, kutipan, atau statistic yang mungkin dipakai dalam presentasi.

d. Menguji Peserta yang Beraneka ragam

Ada beragam audiens yang akan menyaksikan dan mendengar berbagai hal berlainan. Terlebih jika audiens anda dari kalangan yang beragam. Lakukan semacam gladi bersih dan pelajarilah informasi, latihan, studi kasus, dan lain-lain sebelum melakukan presentasi yang sesungguhnya.

e. Melihat Presentasi dari Sudut Pandang Baru

Menghabiskan terlalu banyak waktu meninjau materi dan tidak melihat cara lain mempresentasikan materi sangat umum terjadi. Memberikan presentasi kepada audiens yang beragam memiliki konsekuensi bahwa materi yang anda sampaikan harus mampu dijangkau oleh seluruh audiens dengan tingkat yang berbeda. (Mardiana Fitriani)

 

Public Speaking Indonesia | Training Public Speaking

Pelajari Teknik membuat presentasi anda lebih menarik dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0812 4950 909

Originally posted 2018-02-20 14:56:54.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*