6 Hal Persiapan Public Speaking | Belajar Public Speaking

Posted by on Mar 31, 2016 in Articles | 0 comments

Sebelum melakukan sebuah Seminar Public Speaking ataupun mengadakan Training Public Speaking, ada baiknya kita memperhatikan dan mempersiapkan 6 hal persiapan Public Speaking ini terlebih dahulu :

  1. Latihan Pidato

Latihlah cara Anda berpidato setiap Anda memiliki waktu luang. Seperti saat Anda sedang mandi, latihlah didepan cermin kamar mandi. Saat Anda sedang berkendara, atau saat Anda sedang berkumpul atau berbicara dengan teman Anda, ajaklah teman Anda untuk ikut mendengarkan Anda berlatih pidato dan mintalah pendapatnya terhadap kualitas pidato yang Anda sudah latih tersebut.

  1. Analisis Audiens

Setiap kali ada mengundang orang untuk datang ke seminar Anda, maka kenali usianya, jenis kelaminnya, tingkat pendidikannya, kultur, bahasa, agama, kepentingan, dan kebutuhan audiens. Pelajari juga topik apa yang paling menarik buat mereka dan pelajaran apa yang mereka bisa dapat pada seminar itu.

  1. Pilih sebuah Penarik Perhatian (Attention-Getter).

Anda bisa menyiapkan joke, humor, kisah (story), statistik, definisi, kutipan, pertanyaan retoris, atau fakta mencengangkan agar para Audience Anda tidak merasa bosan, jenuh. Bisa jadi hal-hal tersebut dapat meningkatkan antusiasme para Audience terhadap pembicaraan Anda di seminar itu.

  1. Buatlah Tesia & Inti Pembicaraan

Tentukan tujuan utama Anda berpidato. Apa yang mesti diketahui audiens. Bagaimana seharusnya mereka merespons pesan Anda. Susun inti pembicaraan. Tahapan apa yang mesti dilalui (diketahui) audiens guna menangkap pesan Anda.

  1. Kumpulkan Bahan Pendukung

Kumpulkanlah definisi, statistik, kutipan, testimoni pakar, cerita, opini publik untuk melengkapi isi dari pembicaraan yang Anda bawakan dalam seminar tersebut. Dan juga untuk menambah pengetahuan bagi para Audience yang hadir dalam seminar tersebut.

  1. Tutup dengan Baik

Simpulkan inti pembicaraan Anda, seperti mengambil dari bagian inti topik pembicaraan tersebut tidak usah terlalu panjang,. Setelah itu tutup dengan pernyataan yang berkesan seperti kutipan dari seseorang yang berpengalaman, atau dengan kalimat ajakan untuk mengajak para Audience Anda untuk bersama-sama membangun sesuatu yang Anda bahas pada topik tersebut, atau bisa juga dengan sebuah kalimat perjanjian antara Anda dan Audience Anda.

 

Menarik bukan jika Anda bisa menjadi seorang Public Speaker yang handal? Mari Belajar Public Speaking dengan cara mengikuti seminarnya bersama Public Speaking no. 1 Ongky Hojanto. Hubungi : 0811 349 0909

Recent search terms:

  • persiapan public speaking
  • persiapan dalam public speaking
  • Apa Persiapan dalam public speaking
  • hal yang harus dipersiapkan saat public speaking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*