7 Tips Praktis untuk Berpikir Positif

Posted by on Aug 8, 2022 in Articles | 0 comments

Public Speaking“A positive mindset brings positive things.” – Phillip Reiter

Pola pikir positif dapat membuat Anda lebih percaya diri, memperbaiki suasana hati, dan bahkan mengurangi risiko berkembangnya kondisi seperti hipertensi, depresi, dan gangguan terkait stres lainnya. Tetapi apa arti sebenarnya dari “kekuatan berpikir positif”?

Anda dapat mendefinisikan berpikir positif sebagai citra positif, positive self-talk atau optimis, tetapi ini semua masih konsep umum yang ambigu. Jika Anda ingin efektif dalam berpikir dan menjadi lebih positif, Anda memerlukan contoh nyata untuk membantu Anda melalui proses tersebut.

Berikut tujuh tips yang bisa membantu Anda untuk selalu berpikir positif.

1. Mulailah hari dengan afirmasi positif

Bagaimana Anda memulai pagi akan menentukan pola pikir Anda sepanjang hari. Pernahkah Anda bangun terlambat, panik, lalu merasa sial? Ini terjadi karena Anda memulai hari dengan emosi negatif dan pandangan pesimis yang akhirnya mempengaruhi aktivitas Anda yang lain. Daripada membiarkan pikiran negatif mendominasi Anda, mulailah hari Anda dengan afirmasi positif. Bicaralah pada diri sendiri di cermin, “Hari ini akan menjadi hari yang baik” atau “Saya akan menjadi luar biasa hari ini.” dan lihatlah apa yang akan terjadi.

2. Fokus pada hal-hal baik

Tidak ada hari yang sempurna. Namun ketika Anda menghadapi suatu masalah, fokuslah pada manfaatnya, sekecil apapun itu. Misalnya, jika Anda terjebak macet, pikirkan bagaimana Anda akhirnya punya waktu untuk mendengarkan semua lagu favorit Anda.

3. Temukan humor dalam situasi buruk

Lihatlah pengalaman terburuk atau tersulit Anda sebagai sebuah lelucon. Ingatkan diri Anda bahwa pengalaman ini akan menjadi cerita yang bagus kelak dan cobalah membuat lelucon tentangnya.

Baca juga : Peran komunikasi dalam meningkatkan kepribadian

4. Ubah kegagalan menjadi pelajaran

Tidak ada manusia yang sempurna. Gagal adalah suatu hal yang lumrah terjadi. Daripada okus pada kenapa Anda gagal, pikirkan apa yang akan Anda lakukan selanjutnya. Ubah kegagalan Anda menjadi pelajaran.

5. Ubah negative self-talk menjadi positive self-talk

Anda mungkin berpikir diri Anda gagal atau seharusnya Anda tidak mencobanya. Jika dibiarkan, pikiran-pikiran ini bisa berubah menjadi perasaan yang terinternalisasi dan akan memperkuat konsepsi Anda tentang diri Anda sendiri. Sebaiknya hentikan dan ubah pesan-pesan negatif itu dengan yang positif.

6. Fokus pada saat ini

Apa yang terjadi lima menit yang lalu atau lima menit yang akan dating, jangan terlalu diambil pusing. Fokus pada apa yang saat ini sedang Anda jalani, karena yang lalu atau pun yang akan dating ternyata tidak seburuk yang Anda bayangkan.

7. Temukan teman, mentor, dan rekan kerja yang positif

Ketika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang positif, Anda akan mendengar pandangan positif, cerita positif, dan afirmasi positif. Kata-kata positif mereka akan meresap dan memengaruhi pola pikir Anda sendiri, yang kemudian memengaruhi kata-kata Anda dan juga berkontribusi pada kelompok.

Berpikir dan bersikap positif adalah kunci untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan itu sangat dibutuhkan dalam segala lini kehidupan, baik pribadi maupun professional Anda.

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik DISINI dan temukan jawabannya.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0812 4950 909.

Sumber: https://www.success.com/7-practical-tips-to-achieve-a-positive-mindset/

Originally posted 2022-01-19 10:14:43.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*