4 Cara Mengatasi Fobia

Posted by on Sep 4, 2020 in Articles | 0 comments

Belajar Public Speaking | Training Public Speaking Jakarta

Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena dan bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap Fobia sulit dimengerti. Itu sebabnya, pengidap tersebut sering dijadikan bulan-bulanan oleh teman sekitar. Ada perbedaan “bahasa” antara pengamat fobia dengan seorang pengidap fobia.

Pengamat fobia menggunakan logika sementara seorang pengidap fobia biasanya menggunakan bahasa rasa. Bagi pengamat dirasa lucu jika seseorang berbadan besar, takut dengan hewan kecil seperti kecoa atau tikus. Sementara dibayangan mental seorang pengidap fobia subjek tersebut menjadi benda yang sangat besar, berwarna, sangat menjijikan ataupun menakutkan.

Dalam keadaan normal setiap orang memiliki kemampuan mengendalikan rasa takut. Akan tetapi bila seseorang terpapar terus menerus dengan subjek Fobia, hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya fiksasi. Fiksasi adalah suatu keadaan dimana mental seseorang menjadi terkunci, yang disebabkan oleh ketidak-mampuan orang yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya.

 

 

 

4 Cara Mengatasi Fobia

 

 

 

  • Kenali dulu gejala fobia dengan benar. Bedakan ketakutan normal dengan fobia.
  • Bila memang fobia, ingat kembali sejak kapan munculnya. Semakin spesifik ceritanya, akan makin mudah melakukan terapinya.
  • Lakukan terapi sesuai kemampuan kita. Misalkan takut air, kita langsung menceburkan diri ke air supaya takutnya hilang.
  • Kalau tidak berhasil? Konsultasikan pada psikolog terdekat.
    Jangan kecewa. Bersabarlah dan jangan menyerah karena pada akhirnya hasilnya akan sepadan dengan seluruh kerja keras serta usaha Anda memberanikan diri untuk mengatasinya.

Originally posted 2020-01-27 09:33:48.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*