Jenis jenis Seminar yang perlu diketahui

Posted by on Jan 30, 2020 in Articles | 0 comments

Belajar Public Speaking | Training Public Speaking Jakarta

Kebanyakan dari kita pasti pernah mengikuti event seminar. Beberapa dari kita ada yang di wajibkan oleh perusahan dan ada juga yang ikut seminar atas dasar kesadaran sendiri dan biaya pribadi. 

Akan tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa tidak semua seminar cocok untuk karakter dan kebutuhan anda. Contohnya : seminar hardskill lebih bersifat teknis dan agak “membosankan”.

Apabila anda mengukuti seminar hard skill tidak disertai dengan keinginan sendiri, maka sesi seminar akan menjadi beban tekanan yang menyebabkan anda tidak mendapatkan benefit apapun dari seminar tersebut. Selain itu, seminar hardskill akan menguras energy anda untuk berpikir dan oleh sebab itu pentingnya bagi anda untuk mengetahui jenis seminar yang akan anda ikuti. 

 

 

Motivational seminar

Pembicara akan memberikan materi seminar berupa dorongan, motivasi atau bahkan provokasi kepada audiens untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan topic seminar.

Contoh : Seminar – Cara Gila Menjadi Pengusaha. Peserta akan di dorong untuk segera bertindak untuk menjadi pengusaha.

 

Inspirational seminar

Pembicara akan memberikan inspirasi kepada audiens melalui kisah hidupnya atau kisah hidup orang lain sehingga audiens dapat mengambil sebuah pelajaran dari hal tersebut. Contohnya : seminar Life without limit dari Nick Vujicic.

 

 

 

 

 

 

Educational seminar

Seminar educational dibagi atas dua bagian :

  • Hard skill

Definisi umum di katakan hard skill : keterampilan teknis yang melekat atau dibutuhkan untuk profesi tertentu. Contoh: insinyur mekanik membutuhkan keterampilan bekerja dg permesinan, programmer harus menguasai teknik pemrograman dg bahasa tertentu.

Seminar education dengan kategori hard skill lebih “serius” dibandingkan dengan seminar educational yang bersifta soft skill.

Contoh seminar hard skill : seminar mengenai pajak.

  • Soft skill

Definisi umum softskill merupakan pengembangan dari kecerdasan EQ yang dimiliki oleh tiap manusia dan juga perlu ditumbuhkan dalam diri kita masing-masing agar kita dapat memotivasi diri dan orang lain, bertanggung jawab, membangun relasi, berlomunikasi, negosiasi, beradaptasi dengan lingkungan, berekreasi, berinovasi dan berwirausaha, memimpin, membangun kerjasama, mengelola sumber daya

Walaupun seminar motivasi dan inspirasi bisa juga dikategorikan soft skill akan tetapi seminar soft skill di sini memiliki muatan edukasi yang lebih banyak jadi tidak hanya memberikan why dan what akan tetapi how to juga dibahas.

Contoh Seminar Soft skill : Publick Speaking

Seminar Public Speaking – Ongky Hojanto

 

Setelah kita mengetahui jenis-jenis seminar diatas. Maka anda dapat lebih mudah untuk menentukan

seminar jenis apakah yang harus anda ikuti agar mendapatkan benefit yang sesuai dengan kebutuhan anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*