Belajar Public Speaking di Jakarta

Posted by on Jan 7, 2016 in Articles | 0 comments

Salah satu kunci penting dalam Belajar public speaking adalah membuat audience Anda menjadi pendengar yang baik. Belajar untuk mendengar secara efektif dan jelas sangat mempengaruhi cara Anda untuk meningkatkan keahlian komunikasi. Mendengarkan adalah suatu kegiatan dengar dan menerima informasi melalui suara adalah secara alami merupakan proses yang tidak efisien. Dalam banyak survey, didapati bahwa dalam delapan jam, kita akan lupa sepertiga dari apa yang kita dengar. Dalam Belajar Public Speaking, kita menemukan hambatan-hambatan untuk menjadi pendengar yang efektif.

  1. Mengambil kesimpulan terlalu cepat. Faktanya kita tidak bisa mendengar secara terus menerus. Untuk itu kita hanya memilih terlibat dalam suatu suasana mendengar yang selektif. Yang dalam bahasa Public Speaking disebut Berpikir bebas. Awalnya , kita mendengar pembicara, akan tetapi seiring waktu, ketika kita dapat menebak apa yang akan dibicarakan oleh pembicara, sering pikiran kita langsung mengembara keluar, sudah tidak memperhatikan pembicara lagi, sampai saat kita mendengar suatu kata atau kalimat yang menarik perhatian kita. Proses ini terjadi berulang-ulang dalam suatu seminar atau dalam public speaking. Anda mungkin sudah mengalaminya. Anda sedang duduk didalam suatu seminar, mendengar pembicara untuk beberapa waktu dan menyadari Anda sudah melihat memo atau materi ini sebelulmnya dan secepatnya pikiran Anda sudah melayang ke hal yang lain misalnya laundry Anda dsb . Masalahnya ketika Anda menghayal, Anda hanya berkesimpulan bahwa materi yang dibawakan sama dengan tebakan Anda bukan kepada materi yang sebenarnya di bawakan.
  2. Bagaimana Persepsi dan Harapan Mempengaruhi proses Mendengar. Persepsi kita atau tanggapan diri kita sendiri mengenai suatu materi atau pembicaraan sering kali mempengaruhi cara kita menerima materi yang dibawakan. Dalam suatu kasus, jika Anda merasa lelah, mungkin saja Anda mengangguk tanda mendengarkan, akan tetapi sebenarnya pikiran Anda berada di tempat lain.
  3. Tempat Duduk yang Baik. Jika Anda mendengarkan presentasi disebuah ruangan yang berjumlah seratus atau lebih, dan Anda duduk di barisan belakang, Anda sebenarnya membatasi pendengaran Anda. Karena Orang yang duduk dibagian belakang, secara otomatis terfokus pada sesuatu yang lain dari presentasi, misalnya orang yang keluar masuk melalui pintu, atau seseorang menjatuhkan catatan, atau bahkan Anda akan memperhatikan orang yang mungkin tertidur. Dalam Belajar Public Speaking, banyak sekali aspek yang dipelajari yang akan dibagikan kepada Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*