Cara Menyenangkan Audiens

Posted by on Aug 27, 2017 in Articles | 0 comments

Hiburlah Audients Anda

Salah satu tugas terpenting dari seorang pembicara menurut saya, selain menyampaikan ide-ide Anda yang tertuang dalam materi seminar, Anda juga dituntut untuk bisa memuaskanAudients Anda.

Berkesan tidaknya sebuah seminar atau Training tergantung pada berapa banyak emosi Audients yang Anda explore. Emosi-emosi seperti : gembira, bahagia, senang . Penting untuk dikeluarkan dan diekpresikan oleh Audient dan Anda didalam sebuah training.

Terdapat beberapa cara untuk membuat audients Anda puas akan training yang Anda selenggarakan. Oleh karena itu beberapa hal dibawah ini haruslah Anda masukan kedalam training Anda :

1.Game
Buatlah permainan-permainan kelompok untuk menjelaskan sebuah hal. Karena penjelasan Anda melalui permainan akan lebih diingat oleh peserta Anda dibandingakan hanya sebuah penjelasan dengan kata-kata saja. Perhatikanlah setiap permainan yang Anda buat haruslah Anda hubungan dengan materi pelatihan Anda. Game (permainan) juga bisa dalam bentuk diskusi kelompok (berdua atau bertiga).

2.Humor
Selingilah beberapa humor yang ada hubungannya dengan materi Anda. Humor bisa berasal dari pengalaman Anda atau juga dari pengalaman orang lain. Humor sekirannya tidak menyinggung SARA (Suku, Agama dan Ras).
Beberapa tips mengenai Humor yang saya ambil dari buku The best presentation skill yang ditulis salah satu guru Public Speaking saya Iain Ewing:

  1. Jika menggunakan humor sebagai opening pastikan kisah tersebut adalah kisah yang jarang diceritakan, lucu dan Anda menguasai detail kisahnya sehingga orang yang mendengarkan pasti akan tertawa.
  2. Jangan pernah mengatakan saya akan menceritakan sebuah kisah yang lucu.
  3. Buatlah humor Anda relevan dengan topik yang akan dibahas
  4. Ingat kata Aristotle the secret of humor is surprice. Jadi sekali lagi jangan menceritakan humor usang atau humor yang Anda baca di BBM (black berry messager)
  5. Perhatikan intonasi dan pilihan kata dan bahasa tubuh Anda haruslah mendukung humor yang Anda ceritakan

Beberapa jenis humor yang dapat Anda sampaikan kepada audients Anda :

  1. Humor yang berhubungan dengan sex
  2. Humor yang berhubungan dengan etnis atau ras (pastikan Anda tidak menyinggung ras / etnis lain) dan sebaiknya Anda merupakan etnis yang sama dengan etnis yang menjadi sumber humor Anda.
  3. Humor yang berhubungan agama (pastikan Anda tidak menyinggung agama lain) dan sebaiknya Anda beragama yang sama dengan agama yang menjadi sumber humor Anda.
  4. Humor yang berhubungan politik
  5. Humor yang berhubungan pengalaman pribadi
  6. Humor yang berhubungan pengalaman orang lain

Anda bisa peroleh humor ini dari beberapa sumber :

  1. Teman
  2. Majalah
  3. Koran
  4. Buku humor
  5. Tayangan TV (acara komedi)

Originally posted 2016-01-06 17:10:06.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*