Belajar Berbicara di Depan Umum| Mengapa Ada Ketakutan.

Posted by on Jan 7, 2016 in Articles | 0 comments

Kami yakin sebagian dari Anda mempunyai masalah dengan berbicara di depan umum. Kalau tidak, tentu Anda tidak akan membaca artikel kami ini. Anda adalah hanya salah satu dari sebagian besar penduduk bumi yang mengalaminya. Jika ditelusuri dari awal, Manusia hidup “beradab” baru sekitar seribuan tahun, apa yang terjadi sebelum itu, adalah manusia hidup sebagai pengembara, mereka berburu dan berkelompok untuk mencari makan. Ini berlangsung selama ribuan tahun, bahkan ada studi yang mengatakan manusia sudah ada sejak jutaan tahun. Kami tidak membahas tentang itu, akan tetapi yang digaris bawahi adalah; Bahwa manusia hidup sebagai pemburu, dipadang itu jauh lebih lama dibandingkan manusia itu hidup dengan gaya hidup yang lebih “Beradab”.

Apa yang terjadi di era itu? di era manusia belum beradab, mereka mempercayai insting mereka, mereka lebih mempercayai otak mereka untuk belajar tentang bagaimana bisa bertahan dalam lingkungan. Dan insting bertahan ini bertahan sangat lama sehingga tertanam dalam gen mereka selama ribuan atau bahkan jutaan tahun lamanya.

Berbicara di depan umum adalah salah satu yang asing bagi manusia primitif. Mereka berkomunikasi sebagian besar menggunakan gerak tubuh. Itulah mengapa, para ahli mengatakan bahwa,bicara hanya 20% dalam komunikasi, selebihnya adalah bahasa tubuh, mimik dan lain sebagainya. Anda sekarang sudah melihat koneksinya antara gen manusia masa lalu mempengaruhi hidup manusia sekarang walaupun sudah “Beradab”.

Hal yang paling menakutkan dalam insting bertahan hidup, adalah terisolirkan atau perasaan “out of thr gruop”, yakni dikucilkan. Hukuman ini terjadi selama ribuan bahkan jutaan tahun. Kelompok adalah segala-galanya bagi manusia, dan ketika manusia berbuat kesalahan, yang terjadi adalah manusia tersebut akan dikucilkan oleh kepala kelompoknya. Inggris menghukum Napoleon Bonaparte di pulau alba yang sangat terpencil karena kejahatannya ingin menguasai eropa, di Indonesia, belanda “menghukum” pahlawan-pahwalan kita dengan membuangnya di tempat yang jauh dan memastikan tempat itu asing baginya sehingga dia akan merasa dikucilkan.

Perasaan dikucilkan ini tertanam di otak bagian depan kita di area Frontal Lobe. Dan salah satu bagian dikucilkan adalah berbicara di depan umum. Jika Anda berbicara didepan umum, Anda mempunya perasaan dikucilkan, dan itu merangsang frontal lobe Anda untuk bereaksi, dan perasaan takut itu muncul. Dalam gen manusia perasasan ini begitu tertanam begitu kuat sehingga butuh latihan dan diulang-ulang. Anda bisa mempelajari tehknik mengatasi rasa takut berbicara di depan umum dalam artikel kami lainnya.

Recent search terms:

  • Seminar belajar berbicara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*