Ketakukan ketika di Panggung

Posted by on Oct 14, 2017 in Articles | 0 comments

Hampir semua presentasi atau pidato membosankan. Inilah yang memicu ketakukan Anda dalam membawakan bahan presentasi kepada audience anda sehingga memicu ketakutan ketika di panggung.

Banyak yang menyarankan untuk membayangkan audience anda itu telanjang atau hanya memakai pakaian dalam dapat membantu Anda melakukan seminar,itu mungkin ada benarnya, tapi tergantung siapa audience kita. Bisa saja malah menjadi sesuatu yang menjijikan. Hal ini tidak baik untuk dilakukan.

Membayangkan audience Anda bertepuk tangan sambil melakukan standing ovation ini juga tidak banyak berhasil dalam menghilangkan ketakutan Anda. Banyak sekali cara “pengalihan” yang dipraktekan oleh para pembawa seminar, namun malahan membuatnya menjadi semakin buruk. Ada beberapa tips yang akan membantu Anda.

  • Mulai latihan kecil. Belajar public speaking yang harus anda lakukukan sebenarnya adalah lakukanlah persiapan dengan matang dengan latihan. Ajak 2 atau 3 teman untuk mendengarkan Anda. jika anda sudah mulai terbiasa, maka berbicara dihadapan 1000 orang pun akan terasa sama. Anda juga bisa merekam gaya anda membawakan seminar anda di kamera anda, amati dengan seksama sehingga Anda menemukan gaya atau hal-hal yang nanti bisa Anda rubah. Lakukan ini berulang-ulang, sehingga anda mendapatkan posisi, cara, yang terbaik untuk bisa anda gunakan dalam seminar anda.
  • Cobalah untuk tidak diam. Ketika anda diam, kaki anda akan terasa kaku sehigga anda tidak menjadi rilex, ini pemicu anda menjadi gugup. Berjalanlah dengan tenang ke arah kanan penonton atau kiri, sesekali lakukanlah pendekatan kepada penonton. Rasakanlah keakraban, dan Anda mungkin bisa menambahkan pendapat pribadi dalam isi materi anda, lihat expresi audience ketika mereka tertarik, anda sudah membawa presentasi anda ke level berikutnya.
  • Fokus audience. Maksudnya disini adalah, ketika Anda belajar public speaking, cobalah untuk tidak melilhat seluruh audience, Anda bisa fokus kepada satu orang, kemudian berpindah ke orang lain, karena ketika melihat keseluruhan audience, Anda akan merasakan keheningan dan mata mereka menuju ke Anda. dan ajaklah audience anda untuk bertanya itu adalah cara untuk meningkatkan percaya diri. Ketika ada pertanyaan dari audience, jawablah pertanyaan audience tersebut seakan-akan anda berada di dalam kedai kopi, dalam suasana yang menyenangkan.

Originally posted 2016-01-07 17:32:06.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*