Lima Cara Menjadi Public Speaker

Posted by on Aug 24, 2017 in Articles | 0 comments

Kesuksesan akibat adanya pertemuan antara peluang yang tercipta atau diciptakan dan kesiapan untuk memanfaatkan peluang tersebut  (Ongky Hojanto)

Ada lima cara untuk mempersiapkan diri Anda menjadi seorang Public Speaker yang menyenangkan bagi audients Anda, yakni :

Pertama, Belajar dari pengalaman diri sendiri
Menceritakan pengalaman pribadi merupakan salah satu magnet yang menarik audients untuk mendengarkan kisah tersebut. Manusia pada hakekatnya menyukai untuk mendengar cerita, akan tetapi cerita yang original dan tidak garing menjadikan sebuah bahan pembeajaran yang baik.
Tidak peduli cerita atau pengalaman Anda baik atau buruk asalkan ada makna positif yang bisa dijadikan pelajaran maka ceritakanlah.
Anda akan sangat menguasai apa yang akan Anda sampaikan karena bahan yang Anda sampaikan berasal dari pengalaman yang Anda alami secara pribadi. Dari pengalaman-pengalam ini mungkin akan menajdi inspirasi dan motivasi bagi orang lain untuk bertindak.

Saat menghadiri seminar Andre Wongso saya terinspirasi dengan kisah hidupnya yang tidak tamat sekolah dasar, mulai bekerja sebagai buruh hingga sukses di dunia perfilman dan akhirnya menjadi Motivator no 1 di Indonesia.
Lain lagi ceritanya saat saya mengikuti seminar Tung Desem Waringin, Beliau menceritakan kisah tentang keberhasilan dan kegagalan Beliau di dalam Bisnis, cerita tentang dream dan hal-hal yang paling diinginkan Beliau menjadi sumber acuan dan inspirasi untuk turut merasakan hal yang sama.

Kedua, Belajar dari pengalaman orang lain
Dosen yang mengajar Marketing atau Sales, mungkin secara pribadi ia tidak pernah terlibat langsung di dalam dunia penjualan, akan tetapi ia tetap bisa memberikan manfaat kepada mahasiswanya dengan menceritakan pengalaman orang lain yang ia baca melalui buku.
Anda juga dapat menceritakan pengalaman orang lain yang Anda dapatkan melalui buku yang dibaca atau dari sumber-sumber lain yang kompeten yang Anda temui.
Kumpulkanlah dan mulailah menyusun kisah-kisah orang lain yang berhubungkan dengan topik yang sedang dibicarakan sehingga bisa dipelajari orang lain agar terjadi dampak positif dalam hidup mereka.
Kisah kisah seperti :

  • Mengubah kegagalan dalam karir atau bisnis menjadi kesuksesan
  • Miskin menjadi kaya
  • Kekuatan sebuah ketekunan
  • Biografi orang-orang sukses

Ketiga, Bicara di cermin
Teknik ini sangat saya sukai karena ada manfaat lain saat Anda berbicara di depan cermin yakni Anda dapat melihat ekspresi wajah, posisi tubuh dan gerakan tangan Anda. Amat sering peserta Seminar Public Speaking saya tercengang melihat wajahnya sendiri saat berbicara di depan cermin.
Bisa mengekspresikan mimik wajah sesuai dengan pesan yang akan disampaikan membantu mempertegas dan memperjelas arti serta makna dari pesan yang akan disampaikan. Audients Anda akan tahu yakin tidaknya Anda, sedih gembiranya Anda, serius tidaknya Anda dari Ekspresi yang Anda keluarkan dan bukan dari kata-kata yang Anda ucapkan.

Keempat, Bicara kepada siapapun yang mau dengar
Pengulangan adalah ibu dari semua ketrampilan. Semakin sering kita mengulangi sesuatu maka akan semakin paham dan mahir kita akan hal tersebut. Begitu juga dengan materi seminar yang akan Anda bawakan, saat Anda menceritakan kepada orang maka Anda pun sendiri juga akan mendengarkannya.
Alangkah baiknya sebelum memulai pertandingan besar presentasi, training atau seminar yang akan Anda bawakan, bahan seminar ini sudah Anda ceritakan kepada orang-orang terdekat Anda seperti : istri, suami, anak, staf Anda, rekan kerja dan teman-teman Anda. Seperti seorang atlit akan berlatih setiap harinya,selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun hanya untuk sebuah pertandingan yang mungkin hanya berlangsung kurang dari 60 menit. Ingatlah latihan diperlukan untuk melatih brain memory dan juga muscle memory.

Kelima, Bicara sementara berkendaraan
Ini adalah salah satu teknik yang efektif, selain untuk melatih dan mempersiapkan diri menjelang presentasi, seminar atau Training Public Speaking yang akan saya lakukan teknik ini juga membantu untuk mengatasi kebosanan saat jalanan lagi macet. Saya biasanya akan menaikkan kaca mobil, memasang AC dan memutar lagu dengan volume kecil, kemudian mulai berbicara sendiri.

Recent search terms:

  • publik speaking manusia magnet

Originally posted 2016-01-06 16:53:11.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*