Mempersiapkan Naskah Pidato | Public Speaking Academy

Posted by on Apr 14, 2016 in Articles | 0 comments

Mempersiapkan naskah pidato adalah salah satu aspek penting yang harus kita lakukan sebelum berpidato. Sebagaimana yang sudah diketahui, berpidato dihadapan Audience dapat dilakukan dengan beberapa cara. Yaitu membaca naskah, menghapal, spontanitas ataupun menguraikan kerangka pidato.

Sebagai seorang training public speaking, pembicara seminar public speaking ataupun pembicara lainnya. Anda bisa memilih salah satu teknik yang dikehendaki, yang disesuaikan dengan selera, kemampuan, tujuan, dan situasi yang akan Anda hadapi.

Berikut adalah cara merencanakan sebuah kerangka naskah pidato menurut pakar Public Speaking :

  1. Introduction

Opener, sampaikan kalimat pembuka untuk membuka sebuah seminar. Andai bisa memilih satu dari sepuluh teknik pembukaan.

Topik, sebutkan topik yang akan Anda bicarakan. Ingatlah, pastikan opening Anda sesuai dengan topik yang akan Anda bicarakan.

Agenda, sebutkan agenda pembicaraan dengan memberikan sedikit gambaran mengenai materi Anda.

 

  1. Body

Berikanlah sebuah ilustrasi terhadap topik pembicaraan Anda. Gunakanlah 5H+1W. Yaitu, What, Where, Why, When, Who dan How.

-point What, apa sebetulnya impian itu? Anda bisa membahas definisi impian atau cita-cita menurut kamus atau definisi menurut para ahli.

-point Why, berikan maksimal tiga alasan impian itu penting bagi Audience. Perkuat point Anda menjadi kenyataan atau sebuah kisah.

-point How, pada point ini jelaskan cara bagaimana agar impian Audience Anda terwujud dalam bentuk subpoint.

Gunakan juga problem solution, yaitu bagaimana Anda bisa memberikan suatu solusi terhadap masalah para Audience Anda. Dalam isi pidato juga Anda bisa menggunakan segitiga. Yaitu dengan memberikan tiga point pada topik pembicaraan Anda.

 

  1. Conclusion

Memberikan sebuah penutup dengan me-review point-point utama yang terletak pada isi pidato Anda. Ulangi secara singkat mengenai point-point tersebut agar Audience mengingat apa yang telah Anda sampaikan. Sampaikan juga kalimat akhir untuk menutup presentasi Anda, dengan sebuah kalimat kutipan, kalimat ajakan, atau sebuah kalimat perjanjian.

Baca juga Tips Berbicara Didepan Umum.

 

Menarik ya mempelajari Public Speaking? Ingin Belajar Public Speaking bersama pakar Public Speaking no. 1 Ongky Hojanto? Hubungi 0811 349 0909

Recent search terms:

  • kerangka script public speaking
  • topik pidato public speaking
  • topik pidatp public speaking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*