Mengetahui Tipe Audience Dalam Public Speaking.

Posted by on Jan 22, 2016 in Articles | 0 comments

Untuk menjadi seorang public speaker yang powerful, Anda harus mengenali tipe dari penonton Anda, karena jika Anda tidak dapat mempelajari tipe penonton Anda, maka kemungkinan besar di dalam presentasi, Anda akan menemui penonton atau Audience yang dapat mengganggu jalan pembicaraan Anda di hadapan khalayak. Mempelajari teknik bagaimana menghadapi penonton adalah bagian yang tidak terpisahkan jika Anda ingin menjadi public speaker yang powerful. Ada tiga tipe penonton atau Audience yang akan Anda pelajari kali ini yang nantinya akan membantu Anda menghadapi mereka sehingga  presentasi Anda menjadi menakjubkan, dan tentunya mendapat sambutan yang luar biasa dari penonton.

  1. Tipe Hotshot . Tipe ini sangat nyaman dan paling percaya diri diantara penonton Anda. Mereka mendengarkan dengan seksama apa yang akan Anda sampaikan. Dan pada waktu bersamaan, tetap mempunyai tujuan belajar di pikiran mereka. Tipe ini mencintai seminar-seminar, atau format diskusi dengan tingkat partisipasi yang tinggi. Mereka dengan mudah dapat berteman dengan pembicara dan tentunya bertanggung jawab atas pembelajaran mereka. Mereka mempelajari sesuatu sangat cepat dan akan bertanya pertanyaan yang menantang untuk menambah wawasan pembelajaran mereka, dan memperjelas pemahaman mereka. Jika Anda tidak menunjukan suatu presentasi yang diharapkan oleh mereka, kebanyakan tipe ini yang akan merespon sebagai wakil dari semua penonton. Bagaimana jika dalam seminar public speaking Anda, ternyata yang hadir adalah kebanyakan tipe hotshot? bagaimana menghadapinya? Cara yang terbaik jika Anda mengetahui bahwa penonton Anda adalah sejumlah besar tipe ini, adalah dengan mempersiapkan materi secara baik, biarkan mereka tahu bahwa mereka sudah banyak memahami topik ini, seperti :” Saya bisa beritahu bahwa Anda telah mempunyai pandangan tentang subjek ini dan saya berterima kasih untuk itu”. Dan tentunya dorong mereka untuk dapat memberikan pandangan-pandangan serta masukan sehingga mereka menjadi aktif terlibat dalam aktivitas interaktif yang dapat membuat mereka lebih belajar lagi secara individual dan dalam grup. Jika Anda tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan mereka, jangan berpura-pura, katakan kepada mereka itu adalah pertanyaan yang bagus, dan akan dibicarakan nanti secara offline dengan berkata bahwa Anda akan mendapatkan jawaban untuk mereka nanti, dan pastikan Anda mencarinya, atau Anda lemparkan lagi pertanyaan itu kepada Audience lain dalam ruangan. (sejujurnya saya tidak tahu, apakah di dalam penonton ada yang bisa membantu saya menjawab?) atau berkata kalau menurut Anda bagaimana? Tipe penonton ini akan dengan senang hati membantu Anda.

Bersambung.

Untuk informasi belajar public speaking, hub sms/wa 0878 3858 0909 kami akan membantu Anda untuk menjadi pembicara yang powerfull.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*