Menghilangkan Pikiran Negatif | How to Speak with Confidence

Posted by on Apr 20, 2016 in Articles | 0 comments

Rasa takut biasanya terjadi karena Anda memiliki sebuah pikiran negatif. Pikiran negatif biasanya dapat mempengaruhi seseorang dalam bertindak. Seorang Training Public Speaking yang baru pertama kali melakukan sebuah presentasi pastinya akan merasa takut dan tidak berani untuk berhadapan dengan para Audience nya. Tetapi bagaimanapun Anda harus bisa menaklukan rasa takut itu dengan menghilangkan pikiran negatif yang terdapat pada otak Anda.

Berikut adalah beberapa tindakan untuk menghilangkan pikiran negatif :

  1. “Saya takut lupa pesan utama acara”. Tindak lanjutnya adalah tuliskan point-point utama dalam secarik kertas yang bisa Anda baca pada saat Anda sedang mengalami blank. Secarik kertas tersebut adalah sebuah hand note hanya berfungsi sebagai hal pengingat jika Anda lupa saja.

 

  1. “Saya tidak siap, tidak dalam keadaan yang mendukung”. Tindak lanjutnya adalah lakukan sebuah penelitian, riset kecil-kecilan. Sampai Anda merasa puas dengan percobaan Anda tersebut. Jangan lupa untuk tetap istirahat agar badan Anda relax, tenang dan tidak tegang.

 

  1. “Apakah saya mampu mengangkat suasana?”. Sebuah pertanyaan yang sering sekali menjadi beban untuk seorang yang melakukan sebuah seminar public speaking. Tindak lanjutnya adalah Anda harus melakukan sebuah riset dan terjun langsung ke Audience. Ketahui apa yang mereka butuhkan saat itu. Agar Anda juga bisa mengetahui bagaimana cara Anda bisa mengetahui dan menguasai keadaan atau suasana seminar saat itu. Berikan juga suasana yang gembira pada seminar tersebut, agar para Audience Anda tidak mudah merasa bosan dengan apa yang telah Anda presentasikan itu.

 

  1. “Apakah materi yang akan Saya bawakan cocok dengan tema pidato saya?”. Kuncinya adalah, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang Audience yang akan datang atau menghendarai acara yang Anda akan buat. Anda harus tau tentang usia Audience, jenis kelamin, dan background para Audience. Kalau Anda sudah tau tentang kondisi dan kebutuhan Audience, maka tema pidato Anda dapat tepat sasaran.

 

Ingin tau lebih lanjut tentang Public Speaking dan ingin Belajar Public Speaking dengan pakar Ongky Hojanto? Hubungi 0811 349 0909

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*