Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Depan Umum

Posted by on Sep 15, 2017 in Articles | 0 comments

Masih banyak orang yang sulit berkomunikasi di depan umum karena pada umumnya kita tidak terbiasa berbicara di depan umum. Sehingga membuat kita sulit berbicara atau mengeluarkan apa yang ingin di sampaikan kepada orang banyak, tetapi sebaliknya jika sering berbicara di depan umum atau sudah terbiasa tampil di depan umum, kita tidak akan kesulitan atau gugup daalam mengeluarkan pendapat kita kepada orang lain. Ayo kita Belajar Public Speaking, berikut cara meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, yaitu :

1. Jangan berbicara menggunakan pikiran, biarkan hati yang berbicara

Tidak terpaku pada pokok bahasan yang dibawakan tetapi berbicara dengan hati dan dengan kesenangan akan terasa lebih nyaman dibanding harus berbicara dengan penuh konsentrasi dan memperhatikan gaya bahasa. Dan audiens juga nyaman mendengar topik yang dibawakan oleh Public Speaker.

2. Kuasai tatapan mata audiens

Ketika berbicara, jangan memandang hanya kepada satu titik. Biarkan mata menjelajah untuk mengetahui intensitas ketertarikan audiens. Memperhatikan tatapan audiens juga sangat penting dalam keberhasilan berbicara di depan umum. Misal, Anda mengadakan Seminar Public Speaking atau Training Public Speaking dan Anda memperhatikan semua audiens ternyata rata-rata dari mereka terlihat mulai bosan. Anda bisa menceritakan cerita humor atau membuat suatu games maka jalannya seminar atau training tersebut akan kembali fresh.

3. Gunakan intonasi suara yang dinamis

Suara yang datar dan tidak berirama membuat audiens menjadi bosan, sedangkan suara yang tinggi membuat saraf pendengaran audiens menjadi terganggu. Seimbangkan suara dan kendalikan suara Anda pada titik nyaman.

4. Bahasa tubuh membantu audiens menangkap maksud pembicaraan audiens

Manusia jauh lebih banyak menggunakan matanya dibanding telinganya. Mengapa begitu ? karena jika manusia mendengarkan hanya ingat beberapa persen tetapi ketika manusia melihat daya ingatnya jauh lebih tinggi. Karena apa yang dilihat manusia dapat dibayangkan kembali. Sebenarnya apa yang ditangkap audiens adalah apa yang mereka lihat, baru apa yang mereka dengar. Oleh karena itu perbaiki bahasa tubuh anda.

5. Perluas pengetahuan

Memperluas pengertahuan sangatlah penting karena jika audiens bertanya mengenai pengalaman yang unik, Anda dapat menjawabnya dengan tepat dan tidak ragu-ragu.

Originally posted 2016-01-06 19:55:43.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*