SEQUENCING ll

Posted by on Sep 4, 2017 in Articles | 0 comments

Bagian 1 Introduction ” Teknik pembukaan yang berkesan.

Kesan pertama adalah segalanya

Setiap detiknya ada 11 juta bit informasi yang akan masuk kedalam lima panca indera seseorang, sementara ia hanya akan memproses sekitar 40 infomasi saja dan akan mendelete yang lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menarik perhatian mereka saat pertama kali akan berbicara dengan teknik pembukaan yang menarik.

Ada 3 manfaat utama mengapa teknik pembuka sangat penting dalam sebuah presentasi :

  1. Untuk menarik perhatian audients

Secara fisik, audients Anda bisa saja berada didalam ruangan tempat Anda melakukan presentasi, akan tetapi pikiran mereka bisa menjelajah kemana saja. Dan terkadang pikiran audiens Anda bisa ngelonjor alias ngelamun jorok, he..he..he.

Teknik pembuka ini sangat penting untuk menarik perhatian dari audients sehingga fokus mereka akan mengarah kepada Anda.

Dengan demikian maka, akan lebih mudah untuk memasukan informasi kedalam pikiran audients Anda jikalau fokus mereka berada didalam ruangan seminar.

2. Untuk mencairkan kekakuan Anda.

Manfaat yang kedua dari teknik pembuka ini adalah untuk mencairkan suasana kaku yang tercipta saat pertama kali Anda akan memulai presentasi atau pembicaraan.

Menurut saya waktu yang sangat penting saat kita akan berbicara didepan umum adalah 5 menit pertama. Saat Anda bisa mengeluarkan kata dalam 5 menit tersebut maka umumnya Anda akan lancar untuk melanjutkannya.
Oleh karena teknik pembuka ini adalah teknik hafalan dimana Anda diminta untuk menghafal apa yang akan Anda katakana di menit-menit awal maka secara otomatis kekakuan Anda bisa Anda atasi.

3. Memberikan informasi

Audients akan mendapatkan informasi mengenai isi pidato dari pembukaan yang kita sampaikan.

10 cara membuka sebuah presentasi yang dapat menarik perhatian dan audients Anda

1. Visual Impact

Adalah sebuah teknik pembuka dimana Anda memperlihatkan dampak secara Visual sehingga menarik perhatian audients dan menjadi jembatan untuk masuk kepada penjelasan tentang topik yang akan dibahas.

2. Powerful Question

Teknik ini Anda memberikan sebuah permasalahan yang sedang terjadi dimana presentasi yang akan Anda lakukan merupakan solusi dari permasalahan tersebut

3. Audient Participation

Teknik pembukaan yang langsung meminta partisipasi dari audients Anda untuk langsung terlibat.

4.Story

Teknik pembuka dimana Anda menceritakan sebuah kisah yang ada hubungan dengan topik yang akan Anda bicarakan

5. Four Statement

Teknik dimana Anda melemparkan empat buah pernyataan yang sama atau berbeda dan kemudian disusul oleh topik bahasan Anda yang berhubungan dengan pernyataan tersebut.

6. Pujian

Anda juga bisa membuka sebuah presentasi dengan memberikan pujian kepada para audients, pujian untuk kota tempat acara tersebut berlangsung atau pujian untuk profesi dari para audients (jika profesi mereka sama)

7. Fakta mengejutkan

Memberikan fakta yang tidak diketahui sebagai bahan untuk membuka presentasi Anda, akan memberikan dampak shocking kepada para audients dan ini penting agar Anda bisa memperoleh perhatian mereka.

8. Kutipan

Anda juga bisa mengambil kutipan dari tokoh yang kira-kira audients Anda kenal untuk dijadikan acuan dalam mengembangkan materi seminar Anda.

9. Humor

Walaupun Anda bisa membuka presentasi atau pidato Anda dengan humor, Anda dituntut untuk juga jeli dan berhati-hati dalam menggunakan humor ini. Pastikan humor yang Anda gunakan ada kaitannya dengan topik yang akan Anda bahas dan hindari humor yang mengadung unsur SARA.

10. Pertanyaan dari orang ternama

Anda juga bisa memberikan sebuah pertanyaan yang menggiring rasa ingin tahu dari perserta. Dimana pertanyaan tersebut juga ditanyakan oleh seorang tokoh terkenal. Dan jikalau tokoh tersebut kurang di kenal, maka Anda dapat sedikit mengedifikasi tokoh itu.

Originally posted 2016-01-06 19:18:28.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*