SEQUENCING lll

Posted by on Sep 3, 2017 in Articles | 0 comments

” Sederhanakanlah hal yang kompleks dan mudahkanlah hal yang sulit “

A. Structure dari sebuah Public Speaking

1. Introduction 10%
2. Main Points  80%
3. Conclusion 10%

Delapan puluh persen dari waktu Anda dalam public speaking akan Anda habiskan di Body atau pada poin utama yang akan Anda bahas. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menyusun serta menyampaikan pesan Anda, sehingga audiens Anda bisa memperoleh manfaat dari pembicaraan yang Anda lakukan karena kejelasan materi yang Anda sampaikan

B. Beberapa kesalahan umum yang di lakukan dalam membahas poin utama :

1. Tidak kemana-mana

Bayangkanlah kalau Anda saat ini sementara berada di gurun pasir yang gersang, panas matahari menyengat kulit Anda dan kehausan akan setetes air dimulai terasa dimulut Anda. Dan saat Anda melihat ke depan, padang gurun ini tanpa ujung yang jelas. Hal ini akan membuat Anda frustrasi, bukan ?

Hal yang sama akan di rasakan oleh audiens Anda, saat mendengar Anda berbicara dan seolah-olah tanpa pola, sehingga poin-poin yang akan Anda bahas tidak jelas, suara Anda monoton, tidak ada penekanan di sana, semuanya kering saya pastikan audiens Anda akan mulai gerah dan segera ingin keluar dari padang gurun ini.

Cara untuk mencegah hal ini adalah dengan membuat poin-poin yang Anda bahas menjadi jelas, timbulkan antusiasme dengan suara Anda, tekankanlah poin penting dengan nada suara Anda. Dan yang terpenting adalah Anda memiliki rencana, mau dibawa kemana audiens Anda setelah poin pertama selesai, begitu juga saat poin kedua selesai dan seterusnya.

2. Terlalu to the point

Basa-basi terkadang penting untuk mencairkan kekakuan dan membangun keakraban dengan audiens Anda. Walaupun, terlalu lama berbasa-basi juga akan membuat garing pembicaraan Anda. Saran saya, setelah introduction habiskanlah waktu beberapa menit untuk memberikan beberapa kata pengantar sebelum masuk ke main poin Anda. Kata pengantar bisa berupa story, problem atau keprihatinan Anda mengenai sesuatu yang solusinya akan Anda bahas kemudian.

3. Balik lagi-Balik lagi

Beberapa pembicara tidak pernah mencapai peak mereka dalam berbicara, oleh karena, terlalu seringnya mereka kembali ke poin awal yang sudah dibahas. Walaupun pengulangan penting untuk membuat audiens Anda ingat akan isi pembahasan Anda, tetapi jika Anda terlalu banyak mengulang juga akan membuat orang bingung dan bosan. Akan bisa mengulangi poin-poin Anda di bagian conclusion dan bukanya di Body.

C. Teknik untuk membawa orang ke Peak dalam presentasi Anda :

Beberapa cara yang harus Anda kuasai agar bisa menggiring audiens Anda ke peak dalam main point Anda. Hal ini, penting untuk sebagai penekanan dan penguatan dari inti pesan yang Anda ingin sampaikan dan juga untuk memberikan tanda bahwa pembicaraan Anda segera akan usai.

Saya terkadang mengukur kesuksesan saya berbicara dan mengirimkan pesan, serta apakan audiens saya mengikuti dan memahami pesan yang saya sampaikan adalah dengan mendengar tepuk tangan dari mereka. Bisanya setalah Anda berada di peak, audiens Anda akan memberikan tepuk tangan kepada Anda. Beberapa poin yang bisa Anda lakukan untuk membawa audiens Anda ke Peak :

  • Penekanan poin Anda dengan bahasa tubuh atau gerakan tangan Anda
  • Ulangi satu dua kali poin penting
  • Naikan volume suara Anda
  • Gunakan pernyataan singkat

Originally posted 2016-01-06 19:12:03.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*