Tantangan Pembicara

Posted by on Aug 22, 2017 in Articles | 0 comments

Diawal karir saya sebagai pembicara professional, dalam benak saya modal utama, seorang menjadi pembicara adalah memiliki keberanian untuk tampil didepan orang banyak. Hal ini tidak sepenuhnya keliru, akan tetapi jauh dari separuhnya benar. Keberanian tanpa ditunjang oleh pengetahuan dan ketrampilan dalam mengirimkan pesan ke audiens Anda, akan menjadikan diri Anda layakanya orang mabuk yang sementara mengocek tidak karuan didepan orang lain.

Terdapat 4 tantangan utama seorang pembicara :

1. Mengatasi rasa takut
Keranian dalam berbicara adalah modal awal untuk menjadi pembicara. Dengan berani tampil didepan umum, maka akan mudah bagi Anda untuk berbicara dan mengeluarkan ide serta pendapat Anda.

2.Membuat audiens Anda antusias dan tertarik dengan topik yang Anda bahas
Beberapa pembicara hanya membuat audiens mereka tahanselama 15 menit mendengarkan mereka bicara, sesudah itu, satu persatu audiens mulai tumbang dan berkelana di alam mimpi.
Jika audiens Anda sampai tertidur saat Anda menyampaikan pidato, presentasi atau public speaking berarti ada yang salam dalam cara Anda melalukannya. Entah nada suara yang monoton, mimik wajah yang datar, atau gesture yang pasif.

3. Membuat audiens Anda mengingat apa yang Anda sampaikan
Tantangan berikutnya adalah Anda harus dapat membuat audiens Anda mengingat poin-poin yang Anda sampaikan. Ini bisa Anda lakukan kalau mereka secara aktif mendengarkan pembicaraan Anda dan juga struktur presentasi yang Anda susun mudah untuk diingat dan dimengerti. Dalam bab berikut saya membahas mengenai sequencing (cara menyusun presentasi) sehingga mudah diingat dan di pahami

4. Membuat audiens Anda melakukan apa yang Anda sampaikan
Ini adalah level tertinggi dari keempat level tantangan seorang public speaker. Dimana audiens Anda tidak saja mengerti dan memahami pesan yang Anda kirimkan, akan tetapi juga secara sadar memutuskan untuk melakukan apa yang Anda sampaikan.

Originally posted 2016-01-06 16:36:49.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*