Tips Berpakaian Untuk Menjunjang Keberhasilan Berbicara di Depan Umum

Posted by on Sep 11, 2017 in Articles | 0 comments

Dalam Belajar Public Speaking akan diajarkan cara berpakaian yang baik dan benar. Membangun citra diri di depan audiens adalah hal yang penting. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan berdasarkan buku Public Speaking Mastery karya Ongky Hojanto :

1. Atasan dan bawahan

Untuk baju sebaiknya seorang Public Speaker menggunakan warna cerah dan untuk menetralkan untuk celana menggunakan warna hitam. Anda bisa menggunakannya dalam acara Seminar Public Speaking atau presentasi. Kecuali jika Anda mengadakan acara hipnotis Anda bisa menggunakan pakaian hitam agar terkesan mistis.

2. Jas

Pastikan jas Anda disetrika dengan rapi dan tidak berbau. Dan pastikan juga ketika Anda memakai jas kerah jas terlihat rapi.

3. Dasi

Warna dasi dengan warna celana harus disesuaikan. Atur ujung dasi agar tepat berada di atas ikat pinggang Anda dan perhatikan dasi tidak terlalu panjang dan kecil.

4. Tas

Pastikan tas laptop Anda bersih, tidak berbau, dan tidak berisi barang-barang yang tidak penting.

5. Sepatu

Lebih baik sebelum berangkat ke acara semirlah sepatu. Hindarkan menggunakan sepatu baru atau yang baru pertama kali dipakai karena akan memperkecil luas gerak Anda. Dan pilihlah sepatu dengan hak rendah atau tanpa hak agar tidak terasa pegal.

6. Laptop

Bersihkan tampilan laptop Anda, dan gunakan laptop yang mempunyai merek terkenal. Sebaiknya pisahkan laptop kerja dengan laptop presentasi.

7. Kaus kaki

Gunakanlah kaus kaki yang baru agar Anda merasa nyaman dan pastikan kaus kaki tidak bolong dan tidak berbau.

8. Kuku tangan

Guntinglah kuku tangan dan kaki sebelum presentasi. Hindari mengganti tinta atau melakukan pekerjaan yang akan membuat noda di tangan lama hilang.

9. Bau badan

Gunakan deodoran dan parfum dengan aroma lembut karena ada beberapa orang jika mencium aroma wangi akan membuat ia semangat. Contoh, jika Anda mengadakan Training Public Speaking agar audiens tidak bosan dan jenuh mereka dapat mencium aroma parfum Anda.

10. Rambut

Rapikan potongan rambut Anda dan gunakan minyak wangi dengan aroma lembut agar rambut Anda tetap rapi selama presentasi.

11. Kumis dan janggut

Rapikan kumis dan bulu hidung Anda agar tidak telihat berantakan

Originally posted 2016-01-06 19:44:25.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*