3 Kesalahan Bahasa Tubuh Dalam Public Speaking

Posted by on Nov 24, 2022 in Articles | 0 comments

Motivator | Pembicara | Public Speaking Orang bijak mengatakan “Bahasa tubuh Anda adalah respon alami dari tubuh Anda.”

Komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal adalah satu kesatuan yang tidak bisa Anda pisahkan ketika akan melakukan presentasi atau public speaking. Intonasi, nada suara, kecepatan bicara, adalah contoh dari komunikasi verbal yang harus Anda kuasai dan harus Anda pahami penerapannya dalam membawakan sebuah public speaking.

Baca juga : 3 Tips presentasi virtual yang menarik 

Namun, dibalik itu ada juga komunikasi non-verbal seperti cara berdiri yang tepat, bahasa tubuh yang baik dan menarik, gerakan tangan yang bervariasi, dan lain sebagainya yang juga tidak boleh Anda abaikan. Jika komunikasi verbal akan membuat audiens Anda mengerti dengan materi yang Anda sampaikan, maka komunikasi non-verbal akan membuat audiens Anda tertarik untuk mendengarkan hingga memahami apa yang Anda sampaikan selama presentasi.

Berikut ini 3 kesalahan bahasa tubuh dalam public speaking yang harus Anda hindari :

1. Berdiri tidak kokoh

Saat Anda melakukan sebuah presentasi atau public speaking, pastikanlah hal pertama yang Anda lakukan didepan audiens Anda adalah berdiri dengan kokoh. Jika Anda laki-laki maka pastikan kaki Anda terbuka selebar bahu Anda, sehingga audiens dapat melihat Anda berdiri dengan kokoh didepan panggung tanpa kegugupan. Jika Anda wanita maka majukan satu kaki Anda kearah jam 12 dan satu kaki ke arah jam 10 atau jam 2, sehingga selain kokoh audiens dapat melihat Anda tetap anggun.

Ingat, jangan berdiri dengan posisi tidak kokoh untuk menghindari audiens Anda meninggalkan kesan malas dengan bahasa tubuh Anda. Berdirilah dengan kedua kaki Anda sebagai tumpuan, bukan hanya salah satu kaki.

2. Tangan tidak menarik

Posisi tangan yang tidak menarik dan membuat audiens akan memandang Anda tidak tertarik adalah posisi tangan yang Anda sembunyikan. Jangan menyembunyikan tangan Anda pada saku celana, saku jas atau baju, ataupun menyembunyikan tangan Anda dibelakang tubuh. Buatlah basic position yang membuat Anda terlihat elegan dimata audiens dengan menggnggam tangan Anda didepan tubuh setara dengan pusar Anda.

3. Gerakan tidak perlu

Selain berdiri yang tidak kokoh dan gerakan tangan yang tidak menarik, bahasa tubuh lain yang membuat Anda tidak terlihat elegan di mata audiens adalah adanya gerakan-gerakan yang sebetulnya tidak perlu dilakukan oleh Anda sebagai pembicara. Seperti menggaruk kepala yang tidak gatal karena rasa gugup, berdiri terlalu lama di satu sisi, terlalu sering berjalan mengitari panggung, dan lain sebagainya juga menjadi bahasa tubuh yang tidak menarik dilakukan dalam public speaking.

Ayo latih terus bahasa tubuh yang akan Anda tampilkan ketika membawakan public speaking, presentasi, ataupun seminar agar Anda dapat menarik perhatian dan juga minat audiens terhadap presentasi Anda.

Semoga bermanfaat!

Oleh : Isabelle Anjani

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik   DISINI   dan temukan jawabannya.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik   www.publicspeakingacademy.co.id   atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle Anjani 0811 3440 909

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*