3 Tips Presentasi Virtual Yang Menarik

Posted by on Nov 23, 2022 in Articles | 0 comments

Motivator | Pembicara | Public Speaking “Tidak ada yang akan berhasil kecuali kau melakukannya.” – Maya Angelou

Penyesuaian keadaan dari presentasi langsung menjadi presentasi virtual awalnya membuat beberapa orang merasa kurang nyaman, karena tidak begitu mengerti bagaimana cara untuk melakukan presentasi secara virtual melalui zoom meeting, google meeting, live YouTube, atau aplikasi meeting lainnya.

Namun, seiring berjalannya waktu lama-kelamaan banyak orang yang akhirnya sudah merasa nyaman dengan presentasi secara virtual. Baik karena presentasi virtual memudahkan penggunanya untuk terhubung dengan meeting dimana saja dan kapan saja selama memiliki koneksi dan perangkat yang mendukung, ataupun karena presentasi virtual membuat penggunanya bisa mengikuti rapat tanpa menampilkan wajah sehingga bisa melakukan hal lain selama meeting berlangsung.

Baca juga : Bahasa tubuh ngasal dalam presentasi virtual

Berikut ini 3 tips untuk membuat presentasi virtual Anda menjadi menarik :

1. Membuat materi yang menarik
Untuk menarik minat dan juga perhatian audiens, maka materi yang Anda sajikan dalam presentasi tersebut juga haruslah menarik. Cari tahu terlebih dahulu siapa audiens yang akan datang pada presentasi Anda, kemudian carilah materi, konten, bahasan yang sesuai atau diminta oleh audiens Anda. Jadi Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa target pasar Anda sesuai dengan materi Anda.

2. Desain materi yang menarik
Setelah Anda menemukan materi yang sesuai, maka Anda bisa langsung membuat desain yang materi yang menarik menggunakan aplikasi yang sudah banyak tersedia. Hal ini akan membuat audiens Anda menjadi lebih tertarik dan ingin mendengarkan serta memperhatikan apa yang Anda jelaskan karena mereka merasa desain yang Anda gunakan menarik. Akan berbanding terbalik jika Anda menjelaskan materi dengan sebuah lembar kosong dan hanya berisi tulisan atau materi Anda.

Anda bisa menggunakan template yang sudah banyak tersedia dan juga gratis jika tidak ingin mengeluarkan budget untuk presentasi virtual Anda tersebut. Atau Anda juga bisa menggunakan template berbayar atau menggunakan jasa seorang professional untuk mendesain presentasi Anda seperti yang Anda inginkan.

3. Berlatih membawakan presentasi virtual
Jika materi dan juga desain sudah Anda siapkan, maka Anda bisa berlatih bagaimana caranya membawakan sebuah presentasi virtual dengan bahan yang sudah Anda miliki. Walaupun terlihat sama, namun pembawaan dalam presentasi virtual dan pembawaan presentasi secara langsung jelas memiliki beberapa perbedaan yang signifikan.

Oleh karena itu Anda harus berlatih mengenai beberapa hal dalam melakukan presentasi virtual seperti tata letak kamera yang tepat, cara share screen materi presentasi Anda, mencari pencahayaan yang baik, dan lain sebagainya.

Ayo latih terus diri Anda untuk meningkatkan kemampuan presentasi yang Anda miliki, baik presentasi secara langsung maupun presentasi virtual. Ingat, bahwa Anda akan berhasil apabila Anda mau mencoba untuk melakukannya.

Semoga bermanfaat!

Oleh : Isabelle Anjani

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik   DISINI   dan temukan jawabannya.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik   www.publicspeakingacademy.co.id   atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle Anjani 0811 3440 909

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*