Bahasa Tubuh Ngasal Dalam Presentasi Virtual

Posted by on Nov 22, 2022 in Articles | 0 comments

Motivator | Pembicara | Public Speaking Pada 11 Maret 2020, World Health Organization atau WHO menyatakan bahwa Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai Pandemi Global dan menyebabkan seluruh dunia melakukan lockdown. Dengan ketetapan baru yang dibuat, masyarakat tidak lagi bisa beraktivitas seperti biasa. Anak sekolah yang setiap pagi berangkat ke sekolah, harus merasakan bagaimana rasanya melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Karyawan yang setiap hari harus melakukan presentasi didepan klien secara langsung, menjadi harus melakukan presentasi secara virtual.

Pandemi Covid-19 meninggalkan jejak yang begitu terlihat dalam budaya masyarakat dunia, salah satunya dalam dunia kerja dan juga pendidikan. Selama masa pandemi, untuk dapat melakukan komunikasi Anda harus melakukannya secara online atau virtual. Baik pertemuan formal maupun non-formal, semua sudah beralih menjadi pertemuan digital melalui aplikasi yang tersedia.

Baca juga : Pentingnya ekspresi dalam presentasi 

Meskipun dilakukan dirumah saja dan dalam ruang virtual sehingga membuat diri Anda tidak terlihat seutuhnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat presentasi virtual via zoom meeting, google meeting, ataupun video call. Ada beberapa kekeliruan yang sering terjadi ketika seseorang tengah melakukan presentasi virtual. Apa saja?

Berikut ini 3 bahasa tubuh ngasal dalam presentasi virtual : 

1. Tidak Tegak

Ingatlah bahwa bahasa tubuh Anda mempengaruhi mood atau emosi Anda. Jaga postur tubuh Anda ketika tengah melakukan presentasi virtual agar tetap tegak dan tegap. Jangan bersandar pada sofa atau kursi kerja Anda untuk menghindari postur tubuh yang tidak menarik di mata audiens Anda. Buatlah ruangan atau tempat Anda melakukan presentasi virtual tersebut senyaman mungkin sehingga Anda bisa rileks dan menjaga postur tubuh Anda selama presentasi berlangsung.

2. Tidak Melakukan Kontak Mata

Buat kontak mata dengan audiens Anda dengan menatap lurus pada kamera Anda. Maka dari itu, sebelum presentasi tersebut dimulai, Anda harus menyiapkan kamera Anda dengan baik dan sejajar dengan mata Anda agar saat Anda melakukan kontak mata dengan audiens, Anda merasa nyaman dan tidak perlu menunduk ataupun melihat keatas untuk menyesuaikan. Selain untuk menjalin hubungan baik dengan audiens Anda yang hadir, kontak mata ini juga berguna untuk membuat Anda menjadi lebih percaya diri untuk berbicara di depan audiens Anda.

3. Gerakan Tangan Kaku

Sebelum melakukan presentasi virtual, persiapkanlah semua kebutuhan untuk presentasi tersebut termasuk kamera dan tata letaknya. Letakanlah kamera Anda dengan jarak yang tidak terlalu jauh namun juga tidak terlalu dekat dengan diri Anda sehingga bahu serta lengan Anda bisa terlihat oleh audiens Anda. Gerakan tangan yang Anda lakukan akan berguna untuk menjadi salah satu alat bantu Anda dalam menjelaskan kepada audiens Anda. Selain itu, gerakan tangan juga akan membuat Anda lebih professional.

Ayo latih bahasa tubuh Anda agar Anda dapat membawakan presentasi virtual dengan lebih menarik dengan variasi bahasa tubuh.

Semoga bermanfaat!

Oleh : Isabelle Anjani

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik   DISINI   dan temukan jawabannya.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik   www.publicspeakingacademy.co.id   atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle Anjani 0811 3440 909

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*