Mengendalikan Diri Dalam Public Speaking

Posted by on Sep 27, 2023 in Articles | 0 comments

Motivator | Pembicara | Public Speaking Menurut jurnal penelitian mengatasi rasa takut dan tidak percaya diri dalam public speaking oleh Muhammad Agus Muljanto pada Balai Diklat Keuangan Pekanbaru, disimpulkan bahwa rasa takut dan tidak percaya diri dapat menggagalkan upaya seseorang untuk sukses dalam public speaking. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, maka harus dilakukan upaya untuk mengetahui penyebab apa yang menjadi dasar ketakutan dan ketidakpercayaan diri tersebut.

Dalam melakukan presentasi, public speaking, atau pidato yang mengharuskan Anda berbicara dihadapan banyak orang, tentu akan membuat Anda gugup, takut, tidak percaya diri, apalagi jika hal tersebut bukanlah hal yang biasa Anda lakukan sebelumnya. Untuk mengendalikan hal yang Anda rasakan sebelum memulai presentasi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa, mengapa Anda merasakan hal tersebut.

Baca juga : 3 Cara membuka public speaking dengan audiens participation

Apa itu takut dan gugup dalam public speaking ?

Rasa takut, gugup, tidak percaya diri, bahkan bolak-balik ke toilet saat akan melakukan sebuah presentasi adalah sebuah hal wajar yang dialami oleh banyak orang. Hal ini adalah respon alami dari diri Anda yang menggambarkan bahwa Anda sedang berada dalam satu situasi yang membuat Anda tidak nyaman sehingga Anda merasa takut, gugup dan sebagainya.

Mengapa hal ini terjadi ?

Semua hal tersebut terjadi karena merasa belum cukup siap untuk membawakan materi yang sudah Anda siapkan, kurang mengenali audiens Anda, atau juga karena itu adalah pengalaman pertama Anda untuk membawakan sebuah presentasi atau public speaking. Anda merasa bahwa Anda tidak bisa membawakan presentasi tersebut dengan baik, bahkan ketika Anda belum menyoba untuk membawakannya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut ?

Ingatlah bahwa apa yang Anda rasakan tersebut adalah hal wajar yang juga dirasakan oleh banyak orang ketika akan melakukan sebuah presentasi atau public speaking. Latihlah diri Anda untuk berbicara dan juga membawakan materi Anda entah dengan orang lain yang mau mendengarkan Anda, dengan kaca di kamar Anda, atau dengan diri Anda sendiri ketika di perjalanan. Anda akan bisa mengendalikan apa yang Anda rasakan ketika Anda sudah terbiasa merasakannya. Jadi, kunci utama dari mengatasi rasa takut, gugup, serta tidak percaya diri dalam presentasi adalah dengan berlatih dan juga membiasakan diri Anda.

“Ingat, ketukan ada untuk dihadapi bukan untuk ditaklukkan.” – Ongky Hojanto

Semoga bermanfaat!

Oleh : Isabelle Anjani

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik   DISINI   dan temukan jawabannya.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik   www.publicspeakingacademy.co.id   atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle Anjani 0811 3440 909

Recent search terms:

  • https://belajarpublicspeaking com/mengendalikan-diri-dalam-public-speaking

Originally posted 2022-11-29 14:45:00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*