“Teroris” yang membuat takut presentasi

Posted by on Jun 29, 2021 in Articles | 0 comments

Belajar Public Speaking | Public Speaking Survei yang dilakukan oleh The People’s Almanac Book of list terhadap 3000 orang di Amerika mengenai hal yang paling mereka takutkan didalam hidup. Dan ternyata orang Amerika mayoritas lebih berani mati ketimbang Public Speaking kerena kematian berada diurutan ketujuh sementara Public Speaking menempati urutan pertama, mengalahkan : Ketinggian, Serangga dan Hama termasuk bangkrut.

630 orang atau sekitar 21% (urutan teratas) dari para responden mengatakan bahwa hal yang paling mereka takutkan adalah Public Speaking. Jadi, jika anda mengalami hal yang sama, don’t worry be happy.

Oleh karena itu, berikut 3 Tips ampuh yang bisa anda persiapkan sebelum presentasi :

1.Usahakan persiapkan bahan presentasi dari jauh hari
Materi hal terpenting karna itu adalah yang akan anda presentasikan. Maka anda harus menyelesaikan terlebih dahulu materi atau bahan presentasinya. Topiknya tentang apa dan apa point-point yang akan disampaikan. Buatlah susunan presentasinya, buatlah pembukaan dengan menarik dan jangan lupa juga untuk menutupnya dengan menarik

2.Latihan cara membawakan presentasi
Anda bisa latihan cara membawakan dengan anda berdiri didepan dan membayangkan depan anda ada audiens agar anda bisa latih gerakan tubuh anda. Setelah itu anda juga bisa bicara sendiri dengan sengaja presentasi anda.

Tidak hanya itu, anda juga bisa latihan bicara sendiri di kendaraan, didepan cermin, dikamar mandi. Latihan yang anda gunakan sama saja dengan seorang penyanyi yang akan pentas. Dengan latihan terus menerus anda akan membiarkan otak anda menghafal. Hal ini mengurangi anda dari lupa saat presentasi

 

Baca Juga : 3 Etika bertanya dalam forum presentasi

 

3. Persiapan mental
Mempersiapkan materi dan latihan adalah hal yang paling berpengaruh dalam mengatasi rasa takut saat anda presentasi. Ingat, kegugupan bisa membuat anda menjadi berfikir sempit karna anda akan fokus ke hal lain. Maka, latihan berkali-kali yang membuat otak anda hafal materi yang akan anda presentasikan itu menjadi hal yang penting. Kegugupan seseorang hanya pada 3 menit diawal setelahnya akan mengalir dan akan biasa saja.

Dengan membayangkan apa yang anda inginkan, maka anda mensugesti pikiran anda menjadi positif seakan nantinya tidak akan terjadi diluar dari yang dibayangkan. Persiapan mental bisa dibangun dari H-7 sebelum anda presentasi. Seiring anda seringnya latihan membuat mental anda tumbuh menjadi berani.

Joe Sabah seorang penulis buku dan trainer menyatakan bahwa “Anda tidak harus hebat agar bisa mulai. Tetapi, Anda harus memulai agar bisa menjadi hebat”.

Semoga bermanfaat !

Mau belajar cara mudah dan murah belajar public speaking ?
Ayo daftar dan ikut e-learning public speaking. Kemudahan akses dan waktu yang flexibel membuat anda belajar lebih nyaman melalui video

Dapatkan harga spesial hanya untuk 30 orang pertama pendaftar HANYA Rp. 50.000
FREE Mentoring selama 1 tahun di telegram dan 4X zoom selama 1 tahun

Daftar sekarang 08113440909

Originally posted 2020-12-17 16:55:17.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*