Tips Mengatasi Audiens Pasif

Posted by on Sep 28, 2022 in Articles | 0 comments

Motivator | Pembicara | Public Speaking Dalam sebuah presentasi atau public speaking, audiens maupun peserta yang pasif bukanlah suatu hal yang baru Anda temukan. Dalam setiap pertemuan pastinya, ada saja beberapa audiens yang secara fisik ada didalam ruangan tersebut, namun pikirannya sedang berjalan entah kemana.

Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan beberapa teknik atau strategi yang harus Anda kuasai sebagai seorang pembicara agar Anda bisa mengatasi audiens yang pasif, audiens yang tidak mau menjawab pertanyaan, ataupun audiens yang tidak fokus terhadap materi presentasi yang Anda sampaikan.

Baca juga : Kuasa Panggung Dengan Public Speaking

Berikut ini 3 tips untuk menghadapi audiens pasif :

1. Buat presentasi yang menarik

Untuk menarik perhatian dan juga minat audiens, Anda harus melakukan sesuatu yang menarik dan mampu membuat audiens Anda merasa jika Anda tidak sedang menjelaskan sesuatu yang baku, melainkan suatu hal menyenangkan dan mudah dipahami.

Anda bisa menyelipkan cerita-cerita dalam presentasi Anda baik berupa cerita pribadi Anda, cerita dari kenalan Anda, ataupun cerita dari para tokoh yang Anda ketahui. Pilihlah cerita yang sesuai dengan materi dan juga kondisi dari audiens Anda agar apa yang Anda sampaikan tetap pada sasaran.

2. Libatkan audiens

Buatlah sebuah presentasi yang interaktif dengan melibatkan audiens Anda. Dengan demikian, akan lebih besar kemungkinan yang Anda dapatkan untuk menerima perhatian dan juga antusiasme dari audiens Anda. Biarkan mereka berbagi pengalaman yang sekiranya berhubungan dengan materi presentasi Anda saat itu sehingga audiens dapat menerima banyak sumber, bukan hanya dari Anda saja.

3. Lakukan bahasa tubuh

Fokus yang dimiliki oleh audiens Anda akan bertambah apabila Anda sebagai pembicara atau pemateri bisa membawakan presentasi tersebut dengan bahasa-bahasa tubuh yang menarik, bukannya hanya diam berdiri ditempat dan berbicara. Hal tersebut akan  terlihat monoton dan juga membosankan.

Berjalanlah, sapa audiens Anda, buat gerakan tangan dan juga bahasa tubuh yang menarik namun tidak berlebihan agar fokus audiens dapat Anda tarik dan fokus dalam presentasi tersebut.

Ayo lakukan ketiga hal tersebut agar kelas, presentasi, atau public speaking Anda menjadi hidup dan audiens tidak pasif.

Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik DISINI dan temukan jawabannya.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle Anjani 0811 3440 909

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*