5 Cara Sukses Melakukan Presentasi

Posted by on Jan 7, 2016 in Articles | 0 comments

Berbicara, adalah satu hal yang paling penting dalam berinteraksi dengan Manusia. Anda harus berbicara jika akan mengajar, mengutarakan sesuatu keinginan dan lain sebagainya. Ketika Anda dihadapkan dengan suatu situasi dimana anda harus berbicara di depan banyak orang, ini yang membuat tujuan Anda tidak tercapai karena Anda akan berpikir : Sesuatu yang buruk pasti akan terjadi. Saya beritahukan kepada Anda, bahwa sesuatu yang buruk itu tidak akan terjadi.Anda akan mengetahui 5 faktor yang dapat membantu Anda jika berbicara di depan umum.

  1. Latihan. Itulah kunci utama dalam belajar public speaking. Seorang pembicara terkenal seperti Anthony Robbins pun, tetap melakukan latihan. Tony begitu panggilan akrabnya, seperti santai saja jika dipanggil seminar, turun dari pesawat, langsung ke tempat seminar dan berbicara, memang seperti itu kelihatannya, tapi tidak. Dia mengaku, dalam pesawat, karena dia sudah melakukan hal ini ratusan bahkan ribuan kali,dia tetap melakukan persiapan latihannya di pesawat, dia berpikir, berimajinasi dan mempelajari segala hal tentang seminar yang akan dia lakukan.
  2. Sederhana. Buatlah presentasi, atauseminar public speaking anda sesederhana mungkin. Jika Anda diberikan waktu 1 jam, bukan berarti anda harus berbicara 1 jam. Jika audience anda masih tertarik, anda bisa menghabiskan waktu 1 jam anda. Jika tidak, sebaiknlya dibuat sederhana. Karena audience anda sebenarnya tidak akan menghafal atau mengerti keseluruhan presentasi Anda, mereka hanya mencari point yang penting untuk kepentingan mereka, yang bisa mereka gunakan dalam hidup mereka, selebihnya akan dilupakan.
  3. Tetap berinteraksi. Penting disini untuk anda tetap mengamati audience Anda, masukan cerita yang menarik, yang dapat membuat otak audience Anda menjadi tenang, carilah cerita yang inspiratif atau humor. Hal ini sangat membantu dalam hal mengambil perhatian audience Anda.
  4. Tertarik. Pertama, Anda harus tertarik dengan materi presentasi Anda, supaya anda dapat membuat audience anda tertarik. Jika anda sendiri tidak begitu antusias mengenai materi anda, bagaimana Anda bisa membuat orang lain tertarik, Suatu hal yang akan membuat presentasi anda menjadi kurang menyenangkan. Anda bisa mengetahui teknik berbicara di depan umum dalam artikel lainnya.
  5. Tetap Bertahan. Banyak pemberi presentasi setelah melakukan presentasinya, mereka langsung pulang. Hal ini tidak baik, sebab ada audience yang masih mempunyai pertanyaan atau ada sesuatu yang masih mengganjal di pikirannya. Sebab sukses tidak nya suatu presentasi, tergantung dari Audience yang menyerap materi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*