5 TEKNIK BERJUALAN YANG WAJIB DIKUASAI PARA PEMULA

Posted by on Sep 30, 2023 in Articles | 0 comments

Public Speaking |

“It’s not about having the right opportunities. It’s about handling the opportunities right.” – Mark Hunter

Mengetahui beberapa teknik berjualan bukan hanya tugas sales, tetapi juga keterampilan hidup. Jika Anda mengikuti wawancara kerja dengan perasaan percaya diri dan mengetahui cara ‘menjual diri’ kepada perekrut, Anda akan unggul dalam persaingan.

Keterampilan menjual bagi sebagian orang mungkin adalah bakat dari lahir, tetapi bagi orang lain, berjualan bisa terasa canggung. Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda untuk ‘menjual’, berikut adalah beberapa teknik penjualan yang bisa Anda pelajari.

1. Ubah Persepsi Berjualan Anda

Anda harus terlebih dahulu mengubah persepsi Anda tentang apa itu ‘menjual’ dan apa yang bukan. Teknik berjualan bukan tentang mendorong seseorang memiliki sesuatu yang tidak mereka butuhkan, inginkan, atau tidak mampu mereka beli.

Singkirkan kata “menjual” dan ganti dengan “memotivasi” karena itulah yang Anda lakukan. Menjual adalah memotivasi seseorang untuk mengambil tindakan. Mempelajari cara memotivasi orang lain untuk mengambil tindakan yang menguntungkan Anda. Untuk memotivasi orang lain agar mengambil tindakan, Anda harus secara aktif mendengarkan kebutuhan mereka dan mengetahui cara yang tepat untuk membujuk mereka agar mengambil tindakan yang diinginkan.

2. Kenali Pelanggan

Mengenal pelanggan berarti mendengarkan dengan sungguh-sungguh. Belajar menjadi pendengar aktif membutuhkan beberapa latihan, tetapi itu dapat membantu Anda lebih mengenal calon pelanggan potensial Anda. Sales terbaik tertarik pada masalah yang perlu dipecahkan. Jika Anda gagal mengenal pelanggan, maka sulit untuk berjualan.

Lakukan riset tentang audiens yang Anda tuju dan pelajari serta pahami apa yang mendorong dan memotivasi mereka. Anda ingin menemukan sesuatu yang memungkinkan Anda terhubung dengan mereka dan berbicara dalam bahasa mereka. Orang ingin bekerja dengan orang yang mereka sukai dan yang memahami kebutuhan mereka.

Baca Juga : Jenis-Jenis Presentasi

3. Tunjukkan Manfaatnya

Bagian penting dari mempelajari cara memotivasi seseorang adalah mengkomunikasikan apa untungnya bagi orang lain. Anda sudah tahu apa untungnya bagi Anda, tetapi Anda harus menempatkan diri Anda pada posisi mereka. Anda harus meyakinkan mereka mengapa mereka harus mempekerjakan Anda atau menyetujui ide Anda.

Jangan fokus pada agenda Anda sendiri, tetapi fokuslah pada mengapa mereka setuju dengan Anda. Ketika orang membeli suatu produk atau memakai jasa, mereka tidak melakukannya karena ingin membuat si penjual senang. Mereka melakukannya karena mereka memiliki kebutuhan atau masalah yang membutuhkan solusi. Itu adalah tugas Anda untuk memahami kebutuhan itu dan menyesuaikan pesan Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka.

4. Tetap Tenang

Latih apa yang ingin Anda katakana, bukan menghafal kata demi kata. Katakan perlahan, Kelola nada dan kecepatan bicara Anda. Ambil napas dalam-dalam dan lanjutkan. Jangan tunjukkan kecemasan atau ketegangan Anda di depan pelanggan.

5. Tutup Dengan Kesepakatan

Anda telah mendengarkan pelanggan, tetap tenang dan menyampaikan pesan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sekarang, saatnya untuk menutup kesepakatan. Banyak sales mencoba menciptakan rasa urgensi dengan pendekatan ‘sekarang atau tidak sama sekali’, tetapi terlalu memaksa bisa menjadi bumerang untuk Anda.

Banyak orang butuh waktu untuk berpikir sebelum memutuskan, maka tugas Anda adalah menjawab kekhawatiran dan pertanyaan-pertanyaan yang membuat mereka ragu untuk mengambil tindakan. Terakhir, tanyakan apakah Anda bisa mendapatkan jawaban dalam waktu dekat untuk menghindari mereka berubah pikiran.

 

Ingatlah bahwa teknik berjualan yang baik bukanlah tentang mencoba mendorong seseorang untuk berbuat sesuatu yang tidak tepat bagi mereka. Ini tentang memahami kebutuhan mereka dan menunjukkan pada mereka bahwa Anda memiliki solusi yang efektif.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle 0812 4950 90

Semoga Bermanfaat!

Sumberhttps://www.lifehack.org/868289/sales-techniques

Originally posted 2022-04-04 16:02:42.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*