Belajar Public Speaking

Posted by on Jan 7, 2016 in Articles | 0 comments

Motivator Ongky Hojanto dalam suatu seminar Public Speaking di jakarta membagikan kepada Audience nya bagaimana menggunakan tangan yang elegan dalam suatu presentasi public Speaking. Tangan adalah suatu instrument yang sangat penting, suatu Alat yang jika digunakan secara tepat, akan menghasilkan suatu dampak yang luar biasa, Akan tetapi jika Anda tidak tau bagaimana menggunakan tangan ini dalam public speaking, bukan hanya Anda akan kehilangan kepercayaan, malah materi dan Anda sendiri akan diragukan kemampuannya. Dalam suatu seminar, mata Audience Anda tentu tertuju hanya kepada Anda yang sedang berdiri di panggung. Jadi setiap gerakan atau bahasa tubuh yang Anda gunakan akan secara tidak langsung diawasi dan dianalisa oleh audience Anda.

alam public speaking, tangan adalah salah satu yang menjadi perhatian dari audience Anda, sebab jika Anda dan saya gugup, maka tanganlah yang merespon itu. Dalam suatu seminarnya, Motivator Ongky Hojanto menunjukan beberapa gerakan tangan yang unik yang diakibatkan oleh kegugupan dari pembicara, misalnya memijat kedua tangan Anda, jelas sekali ini menunjukan Anda gugup dan bagi audience Anda, ini bisa berarti Anda mungkin tidak terlalu menguasai bahan materi Anda. Ada juga yang membunyikan tulang-tulang tangan mereka, ini janganlah dilakukan sebab sangat mencerminkan kegugupan Anda.

Ada beberapa pantangan atau ´┐Żyang sebaiknya Anda hindari dalam melakukan presentasi atau berbicara di depan umum :

  • Jika Anda sedang berada di atas panggung, dan gugup mulai mendera Anda, sebaiknya Anda tenang saja dan tidak melakukan gerakan seperti menyembunyikan kulit Anda dengan contoh menarik lengan baju Anda. Audience Anda akan segera mengetahuinya dan persepsi yang ada dalam pikiran mereka beragam akan tetapi jarang yang menganggap itu biasa atau wajar. Sebagian besar akan menganggap itu tidak baik. Gunakanlah pakaian yang mencerminkan percaya diri Anda dan kuasailah panggung Anda dengan percaya diri.
  • Hindari terlalu banyak bertepuk tangan sehingga mengeluarkan bunyi efek yang mengganggu. Jika dilakukan sesekali untuk mengambil perhatian Audience Anda yang sudah mulai mengantuk hal itu dianggap wajar-wajar Saja, akan tetapi jika terlalu sering, akan meninggalkan kesan berisik dan tidak elegan.
  • Anda sering melihat beberapa pembicara melakukan gerakan berdoa dan bertahan dalam gerakan nya itu dalam jangka waktu yang lama. Dalam seminar Public Speaking, Motivator Ongky hojanto tidak menyarankan itu, sebab gerakan tangan seperti itu terlihat kaku. Jadi sebaiknya posisi “nyaman” seperti itu dihindari. Sebab di mata audience Anda, gerakan kaku seperti itu akan membuat persepsi bahwasanya Anda sedang tegang.

Semua orang perlu untuk Belajar public speaking, Anda hidup di dunia yang modern dimana semua ide dan masukan Anda haruslah dicurahkan dalam bentuk presentasi. Di eropa dan Amerika, Belajar public speaking sudah booming dan terkenal sejak tahun 1950’an dan sudah merupakan kelas yang wajib di ikuti oleh pebisnis dan karyawan dari perusahaan-perusahaan disana. Anda jangan ketinggalan, salah satu alasan kenapa pekerja dari eropa dan amerika sering dibayar mahal oleh perusahaan-perusahaan dunia ketiga bukannya mereka lebih pintar dari Anda, akan tetapi mereka tidak takut untuk berbicara di depan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*