Belajar Public Speaking|Motivator Ongky Hojanto

Posted by on Jan 15, 2016 in Articles | 0 comments

Sebelum Anda berdiri di depan Audience Anda untuk memberikan ceramah atau presentasi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, Anda harus menjawab pertanyaan fundamental ini pada diri Anda : Siapa audience saya ? dan kenapa saya harus berbicara pada mereka? Jawaban dari pertanyaan ini akan menentukan segalanya tentang presentasi Anda, termasuk persiapan, isi dan tentunya penyampaiannya.

Mungkin Anda sedang membuat pidato public karena Anda adalah seorang murid pada suatu sekolah public speaking. Jika itu permasalahannya, maka alasan Anda berbicara adalah kerberhasilan Anda sebagai siswa. Situasi ini juga akan menentukan siapa Audience Anda, yaitu sesama siswa dan tentunya guru yang mengajar Anda. Jelasnya dalam situasi ini, Anda perlu pidato Anda menyenangkan guru Anda karena nilai final tergantung dari prestasi Anda. Akan tetapi janganlah keinginan untuk mendapatkan nilai yang baik  menghalangi kemampuan ekspresi individual Anda. Jika Anda sudah berada dalam web ini, tetaplah cek secara reguler, sebab Anda akan mendapati banyak sekali tips dan petunjuk dan nasihat yang akan membuat Anda bersinar dalam public speaking.

Mungkin Anda sedang mempersiapkan untuk berbicara  public speaking dikarenakan Anda diminta untuk membawakannya secara tiba-tiba. Di “paksa” untuk memberikan sambutan dll, mungkin dalam pernikahan, atau di acara duka, di Mesjid atau gereja. Sekali lagi, Anda harus tau siapa Audience Anda, karena Anda sangat memerlukan pidato Anda diterima oleh Audience Anda. Dan tentunya menjawab dua pertanyaan diatas akan menjawab juga pertanyaan berikut :

  • Apa topik yang tepat?
  • Berapa lama Anda harus berbicara?
  • Dan volume suara bagaimana Anda harus berikan?

Setiap pertanyaan ini haruslah dijawab, sejalan dengan pidato Anda, akan tetapi yang utama adalah siapa dan mengapa. Memahami motivasi Anda sendiri dalam memberikan pidato akan membantu Anda untuk melalui tahap gugup yang tentunya wajar dialami ketika Anda sudah berada di atas panggung. Dan mengetahui siapa yang akan mendengar Anda akan membantu Anda mengantisipasi respon Audience Anda. Jika Anda merasa tegang atau gugup ketika akan berpidato, Anda akan menggunakan kekuatan atau enerty gugup Anda menjadi keuntungan Anda.

Belajar Public Speaking bersama Ongky Hojanto Resources yang sudah berpengalaman menciptakan banyak pembicara-pembicara di Indonesia.  info sms/WA 0878 3858 0909

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*