Cara Atasi Bad Mood Saat Presentasi

Posted by on Aug 10, 2022 in Articles | 0 comments

Public Speaking | Apakah Anda pernah mengalami sebuah kejadian yang tidak menyenangkan sebelum Anda melakukan sebuah presentasi? Hal ini tentunya akan mengganggu jalannya presentasi yang sudah Anda persiapkan jauh-jauh hari. Mood Anda menjadi buruk sehingga presentasi tidak berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

Mungkin seringkali Anda akan dihadapkan dengan situasi yang tidak menyenangkan sebelum Anda memulai presentasi Anda. Bagaimanapun keadaan mood Anda, presentasi tersebut harus tetap berjalan sesuai dengan schedule yang sudah ditentukan.

Baca juga : Pantangan saat presentasi 

Bagaimana Anda mengatasi bad mood saat presentasi? Cobalah 3 cara ini :

1. Rubahlah fokus Anda

Bayangkan ketika Anda melakukan presentasi, Anda akan mendapatkan hal-hal yang menarik, hal-hal yang excellent, dan hal-hal positif lainnya yang tidak akan Anda dapatkan jika Anda melakukan presentasi tersebut atau membatalkannya karena mood Anda yang tengah buruk untuk sekedar berbicara kepada orang lain.

Saat fokus Anda berubah, maka pikiran Anda pun akan berubah dan kembali melihat semua hal yang terjadi menjadi sebuah peristiwa yang positif dan bermanfaat.

2. Rubahlah bahasa tubuh Anda

Tony Robbins, pelatih sukses nomor satu di dunia mengatakan bahwa our emotions is created by motions. Artinya emosi yang Anda rasakan saat itu diciptakan juga dari gerakan yang Anda lakukan. Tersenyumlah, lihat ke atas, lompat-lompat sebelum presentasi Anda dimulai sehingga bahasa tubuh Anda berubah dan emosi serta fokus diri Anda juga diharapkan akan berubah.

3. Rubahlah arti kejadian tadi

Selalu ada kesan positif dan juga negatif dari apapun yang terjadi dalam hidup Anda, bagaimana Anda memaknainya itu kembali lagi dari cara Anda memandang kejadian tersebut. Berilah arti yang positif dari kejadian yang membuat Anda bad mood tadi sehingga Anda bisa lebih nyaman ketika memberikan materi presentasi kepada audiens Anda.

Lakukan ketiga hal diatas, rubah suasana hati dan juga mood Anda menjadi lebih baik agar presentasi yang sudah Anda siapkan jauh-jauh hari tidak sia-sia.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*