Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Posted by on Oct 12, 2017 in Articles | 0 comments

Perbedaan antara orang sukses dan orang gagal terletak pada cara mereka mengelola rasa takut. Orang GAGAL akan membiarkan ketakutan menghentikan mereka dan dapat menghambat kesuksesan mereka, sementara orang SUKSES bisa mengatasi rasa TAKUT yang mereka alami. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam jangka panjang, namun terkadang kita juga memerlukan langkah-langkah meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu singkat.

Jadi, dibawah ini saya mencoba mengupas kepada Anda, rahasia untuk dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat hanya dalam hitungan detik.

1. TERSENYUM

Hanya butuh 1 detik Anda senyum jika Anda merasa gugup dan tidak percaya diri. Tersenyum berhubungan erat denga perasaan positif sehingga hampir tidak mungkin Anda merasa tidak enak ketika Anda tersenyum. Tersenyum lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi wajah, tetapi menurut penelitian dengan tersenyum kita mengeluarkan hormon endorphin yang akan membuat seseorang merasa lebih baik.

2. EYE CONTACT

Tataplah mata lawan bicara Anda, sama halnya dengan tersenyum. Kontak mata dengan audiens dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan cepat. Memang bagi orang yang belum terbiasa berbicara didepan umum, rasanya berat sekali untuk menatap para audiens kita, dengan Anda menatap kebawah (menatap sepatu Anda atau kemeja yang Anda kenakan) akan mendorong Anda kepada perasaan ragu dan malu, dan bagi audiens yang melihat pun tidak akan percaya dengan apa yang akan Anda sampaikan nanti. (confidence eye contact, unlimited confidence)

3. ATUR PERNAPASAN

Kedelapan ciri (keringat dingin, pucat, gemetar, bingung, kebelet kencing, takut, gugup, dan sesak napas) yang menjadi tanda-tanda ketakutan seseorang saat akan tampil awalnya disebabkan oleh kurangnya oksigen. Secara logika, saat seseorang merasa takut, napas yang ditarik menjadi pendek. Apalagi kebanyakan orang melakukan pernapasan dada sehingga napas yang pendek-pendek ini jadi semakin tidak maksimal.

Pernapasan dada adalah pernapasan yang tidak dapat menarik banyak oksigen karena saat Anda menarik napas dengan dada, organ-organ tubuh bagian dalam seperti usus dan lambung ikut naik serta menutup sebagian paru-paru sehingga kerjanya tidak maksimal.

Karena kekurangan oksigen, tubuh Anda menjadi dingin, pucat, dan gemetar. Yang paling parah, oksigen tidak secara maksimal masuk ke otak sehingga terciptalah kebingungan atau kondisi blank. Oleh karena itu, cara pertama untuk mengatasi rasa takut saat akan berbicara adalah mengendalikan pernapasan. Tarik napas dalam-dalam dengan hidung dan gunakan pernapasan perut.

4. PENYESUAIAN DIRI

Ketakutan umumnya adalah tanda dari ketidakbiasaan melakukan sesuatu. Saat Anda mulai terbiasa, ketakutan itu umumnya akan berangsur- angsur berkurang. Sebagai contoh kecil, dahulu saya takut naik sepeda saat saya masih kecil, namun dengan berlatih secara terus menerus, membiasakan diri dengan mengayuh sepeda roda 2 tanpa roda penyeimbang maka sayapun bisa dengan lancar mengendarai sepeda tanpa khawatir jatuh. Sama halnya dengan berbicara di depan umum,jika saat ini anda masih menghadapi sedikit rasa gugup, tapi tidak sebesar saat pertama kali tampil. Jika tubuh dan pikiran Anda telah terbiasa akan sesuatu, otomatis ketakutan Anda akan berkurang.

Penyesuaian diri bisa dilakukan dengan dua cara:

1. Secara Fisik

Datanglah lebih awal untuk mengecek segala sesuatu. Kalau memungkinkan, cobalah panggung dan mikrofon, lalu berjalanjalanlah di panggung untuk merasakan suasana panggung.

2. Secara Mental dan Pikiran

Tubuh dan pikiran adalah satu kesatuan. Ketidaknyamanan pada salah satunya akan menyebabkan ketidaknyamanan pada keduanya dan mengubah salah satu berarti mengubah keduanya.

Kalau tidak bisa datang lebih awal guna merasakan secara fisik situasi panggung, Anda bisa bersikap seolah-olah sudah merasakannya di pikiran Anda. Caranya dengan membayangkan diri Anda berbicara di depan peserta, melihat ke sekeliling, dan menatap mata mereka satu per satu.

Semakin Anda berlatih dan pandai untuk menyesuaikan diri Anda, maka Anda akan sangat bisa untuk menjadi seorang public speaker yang handal dengan jutaan audiens.

Originally posted 2016-01-07 17:21:29.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*