Cara Menulis Naskah untuk Menjadi Speaker Terbaik

Posted by on Mar 7, 2017 in Articles | 0 comments

Belajar Public Speaking | Untuk menjadi seorang pembicara hebat, maka diperlukan juga persiapan yang matang sebelum tampil di stage panggung. Seorang pembicara profesional sekalipun membutuhkan sebuah script untuk panduan dalam menampilkan creadibilitas nya di atas stage. Pada bagian ini akan dibahas mengenai bagaimana membuat script yang akan digunakan saat presentasi dan meminimize penggunaan script saat presentasi berlangsung.

Sebelum dapat melakukan hal itu, anda memerlukan perbedaan level script untuk membandingkan. Dengan memberikan point point apa yang akan dipresentasikan dan pada urutan ke berapa Anda akan menggunakan point tersebut.

  1. Mempersiapkan ide tulisan.
  2. Tuliskan 3 point penting yang menjadi fokus Anda, ini akan memudahkan Anda dalam mengingat point apa yang akan Anda sampaikan dalam 1 sesi.
  3. Setelah menulis 3 point tersebut, maka persiapkanlah isi dari point-point tersebut yang akan Anda presentasikan
  4. Setelah selesai membuat script, maka Anda harus melatihnya sesering mungkin sebelum Anda tampil didepan Audience.

Setiap pembicara pasti mengalami yang namanya nervous, akan tetapi dalam teknik ini Anda harus memilih kalimat-kalimat yang membuat Anda nyaman dari satu kalimat ke kalimat yang lain didalam script (yang mudah untuk dihapal). Memang tidak mudah untuk membuat script yang memiliki alur natural dalam presentasi. Yang paling terpenting adalah, Anda harus memilih mana bagian-bagian vital, atau sekiranya penting untuk dipresentasikan. Dan mana bagian yang memang bisa Anda improve sendiri.

Saat ini hal yang sangat penting adalah bagaimana Anda bisa melakukan sebuah presentasi tanpa memegang sebuah script. Didalam situasi seperti ini Anda tidak mempunyai alternative lain, tetapi Anda bisa berlatih berbicara kata demi kata dan menghafal semua itu. Memang tidak mudah bagi pembicara baru untuk melakukan hal tersebut, pasti akan ada hal yang terlupakan dan kehilangan topik pembicaraan ditengah-tengah presentasi Anda, tapi jika Anda bisa melakukan semua itu maka akan terlihat sangat luar biasa.

 

Mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

Training Public Speaking | Seminar Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*