Kegagalan Public Speaking

Posted by on Oct 8, 2017 in Articles | 0 comments

Sering kali ketika berbicara di depan umum, Public Speaker menjadi blank tidak tau apalagi yang akan dibicarakan. Tiba-tiba memandangi audiens, terdiam, dan tidak mampu melanjutkan pokok pembahasan. Sepertinya ingin langsung kabur saja atau segera duduk, sungguh sangat situasi yang mengerikan.

Public Speaker bisa saja merasakan bahwa poin selanjutnya ataupun beberapa poin akan muncul dalam pikiran di sepuluh atau lima belas detik kemudian, tetapi jika lima belas detik berlalu dalam kebisuan dihadapan audiens, hal itu menjadi bencana karena tidak tau harus melakukan apa ?

Berikut tips-tips Belajar Public Speaking bertindak saat mengalami kegagalan (blank) dalam buku Public Speaking For Success  Dale Carnegie, yaitu :

  1. Gunakan kata-kata atau frase atau gagasan terakhir dalam kalimat terakhir Anda untuk memulai sebuah kalimat baru

Contoh :

karyawan rata-rata tidak bisa maju karena ia mempunyai minat terlalu sedikit terhadap pekerjaannya dan terlalu sedikit inisiatif.

(Diakhiri dengan kata inisiatif kemudian mulailah dengan kata inisiatif)

inisiatif berarti orisinalitas, sambil melakukan sesuatu sesuka hati Anda, tanpa menunggu untuk diberitahu.

(Diakhiri dengan menunggu diberitahu, mari kita mulai lagi)

Pemberitahuan, bimbingan, dan pengarahan karyawan yang menolak melakukan setiap pemikiran orisinal merupakan salah satu dari berbagai hal menjengkelkan yang bisa dibayangkan.

(Kita bisa memulainya dengan imajinasi)

Imajinasi, itulah yang diperlukan bersamaan dengan Vision (Penglihatan)

Metode bicara tanpa akhir seperti ini jika dilanjutkan panjang lebar pembicara akan terjebak dalam diskusi. Tetapi metode ini adalah suatu bantuan pertama sementara yang luar biasa saat blank terjadi karena lupa. Bertindak dengan metode ini akan jauh lebih baik dibandingkan tidak melakukan apapun hanya berdiam saja. Dapat membantu Anda untuk menghidupkan kembali pidato terputus ataupun berhenti tiba-tiba.

Originally posted 2016-01-07 16:19:07.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*