Melawan Lupa

Posted by on Oct 2, 2017 in Articles | 0 comments

Setiap Public Speaker yang pernah lupa materi pasti akan menjadikannya suatu pengalaman buruk yang mungkin akan terus membekas dalam ingatannya dan akan dibawa terus menerus sepanjang hayat, hingga akhirnya ketemu terapis kemudian diterapi.

Tetapi selama memori tersebut tidak pernah dihapus maka ketakutan itu akan terus membekas dan menahan Anda untuk maju dalam Public Speaking.

Kunci sukses untuk melawan lupa sebutulnya adalah pengulangan. Karena dengan mengulang-ngulang materi yang akan Anda bawakan otomatis Anda akan menghafal materi presentasi tersebut.

Ada tiga cara untuk melawan lupa saat presentasi :

1) Buat peta presentasi sebagai trigger

Buatlah sebuah peta presentasi dalam sebuah lembar kertas. Anda bisa gunakan software edraw mind map.

Peta presentasi adalah pemicu yang memberikan Anda gambaran besar mengenai topic dan sub topic yang akan Anda bahas dalam presentasi tersebut. Atau dalam bahasa lain, ini adalah peta perjalanan presentasi Anda dari awal hingga akhir serta apa saja yang akan Anda bahas disana.

2) Latihan

Orang property mengatakan ada 5 L yang paling penting dalam property, yakni : Lokasi, Lokasi,Lokasi dan Lokasi serta kemudian Lokasi.

Setiap event seminar Public Speaking Jakarta atau Training Public Speaking Jakarta pak Ongky Hojanto selalu mengatakan ada 5 L yang penting dalam sebuah presentasi, yakni : Latihan, Latihan, Latihan dan Latihan serta Latihan.

Berlatihlah beberapa hari sebelum presentasi dimulai. Latihan akan membuat Anda hafal akan urutan materi presentasi dan sekaligus paham akan isi presentasi itu.

Cobalah untuk berlatih membawakan materi presentasi saat Anda mandi, saat Anda berkendaraan atau Anda bisa juga membuat simulasi presentasi dengan meminta keluarga anda mendengarkan materi presentasi tersebut.

3) Hafalkanlah opener Anda

Opener adalah kalimat pembuka sebuah presentasi. Dalam buku public speaking mastery karya Ongky Hojanto, ada 10 cara untuk membuka sebuah presentasi atau public speaking. Pilihlah salah satu dari 10 cara tersebut, misalnya Anda mau membuka sebuah presentasi dengan fakta yang mengejutkan.

Contohnya :

Kadance Global Internatonal Indonesi dalam sebuah surveynya mengatakan 28% penduduk Indonesia dalam kondisi bangkrut (fakta ini wajib anda hafalkan)

Ingalah bahwa yang Anda hafal adalah kalimat pembuka dan bukanya isi keseluruhan presentasi Anda

Originally posted 2016-01-07 15:36:25.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*