Nyontek Elegant Ala Dunia Public Speaking

Posted by on Oct 3, 2017 in Articles | 0 comments

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh peserta seminar Public Speaking ataupun training Public Speaking pak Ongky Hojanto adalah Pak Ongky, apakah saya harus menghafal semua isi seminar yang akan saya bawakan ?

Dalam dunia Public Speaking nyotek itu halal. Yang haram adalah dalam dunia Public Speaking, nyontek materi orang lain dan kemudian Anda jadikan materi Anda

Tentu saja Anda tidak perlu untuk menghafal isi dari materi training Anda. Yang terpenting adalah Anda mengerti isi materi tersebut sehingga Anda dengan mudah menjelaskannya. Lantas bagaimana Anda dapat menjelaskan, jika Anda tidak ingat poin-poin dari materi yang akan Anda bahas ?

Ada beberapa teknik menyontek yang elegan yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengingatkan poin-poin yang akan Anda bahasa dipresentasi Anda :

1) Menyontek dengan kertas kecil

Anda juga dapat membuat contekan pada kertas kecil berukuran kertas HVS sebagai kertas contekan Anda. Anda dapat memegang kertas contekan ini dengan tangan kiri Anda, sementara tangan kanan Anda memegang microphone.

Akan tetapi ada dua hal yang harus anda perhatikan, saat menggunakan metode ini untuk menyontek :

  • Jangan sembunyikan kerta tersebut dan biarkanlah orang lain tahu kalau Anda menyontek
  • Mata Anda harus tetap fokus kepada audiens, hanya sesekali Anda melirik kertas contekan

2) Menyontek di kertas tempelan

Ini hanya bisa Anda lakukan di seminar diatas 1000 orang, yang biasanya akan ada panggung yang tinggi, sehingga audiens Anda tidak dapat melihat apa yang anda tempelkan diatas panggung tersebut.

Kertas contekan Anda, dapat Anda tempelkan di atas lantai panggung tempat Anda berdiri. Pastikan Anda menulisnya dengan spidol yang besar untuk mempermudah Anda membacanya.

3) Menyontek di layar monitor

Untuk seminar diatas 1000 orang, biasanya akan ada panggung yang tinggi, agar Anda dapat melihat audiens Anda dan sebaliknya audiens Anda juga dapat melihat Anda dengan jelas.

Letakanlah sebuah monitor computer di atas panggung untuk anda jadikan sumber informasi mengenai materi yang akan Anda bahas. Anda dapat menyontek dengan melihat ke arah monitor tersebut yang dihubungkan ke computer Anda.

4) Menyontek di Layar monitor laptop Anda

Anda dapat membaca isi presentasi Anda dilayar laptop Anda yang sengaja diarahkan ke arah Anda. Ini cara yang paling elegan untuk jumlah perserta 100 – 200 orang.

5) Menyontek di print out materi

Anda juga dapat membaca materi print out materi presentasi Anda untuk mengingat poin-poin yang akan Anda bahas. Kelemahan dari cara menyontek jenis ini adalah Anda harus membolak balik kertas materi presentasi tersebut.

Originally posted 2016-01-07 15:42:43.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*