Public Speaking Bukan Hanya Sekedar Bicara

Posted by on Jul 11, 2017 in Articles | 0 comments

Motivator | Training Karyawan | “Pak, saya biasa berbicara di depan umum, jadi saya tidak perlu ikut kelas Public Speaking ” Kata Arman salah satu prospek saat di tindaklanjuti oleh staf saya.

Tidak keliru dengan penyemapaian dari pak Arman, karena sebagai besar orang yang biasa berbicara didepan umum memiliki anggapan bahwa mereka telah dapat melakukan public Speaking dengan baik dan tepat.

Sebetulnya apa sih, kriteria bahwa seseorang telah melakukan public speaking dengan baik dan tepat, perhatikan 3M ini :

  1. Menarik

Langkah pertama untuk masuk ketegori public speaking anda baik dan tepat andalah pubic speaking anda harus menarik perhatian audiens untuk mendengarkan apa yang anda sampaikan.

Perhatikan bahasa tubuh audiens anda, apakah ada senyuman diwajah mereka ataukah mereka sibuk sendiri karena public speaking anda membosankan. Cek ciri-ciri audiens yang bosan di artkel saya kode keras audiens anda bosan.

Oleh karena akan sulit orang mau melakukan apa yang anda sampaikan jika mereka tidak tertarik mendengarkan apa yang anda utarakan.

  1. Mengerti

Langkah kedua, public speaking yang dikategorikan baik dan tetap adalah apabila audiens anda mengerti apa yang anda sampaikan.

Anda dapat melakukan evaluasi dengan bertanya, memberikan quiz, meminta diskusi kelompok untuk memastikan bahwa audiens anda mengerti apa yang anda sampaikan. Mengerti atau tidak nya audiens berdasarkan hasil tes dan akur dan bukan hanya asumsi dari satu atau dua peserta karena satu dan dua peserta tidak akan mewakili keseluruhan kelompak audiens anda.

  1. Melakukan

Langkah ketiga adalah dampak dari public speaking anda, apakah audiens tergerak untuk melakukan apa yang anda sampaikan atau hanya berhenti di mengerti saja ?

Hal ini tentunya membutuhkan waktu untuk dapat melihat dampak dari Public speaking anda. Inilah tiga hal yang dapat anda jadikan indicator kesuksesan anda sebagai seorang public speaker. Jadi tidak perlu berbangga diri apalagi besar kepala dengan merasa sanggup, ahli dan paham mengenai public speaking apabila anda belum mencapai level ketiga.

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Karyawan | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*