SEQUENCING

Posted by on Sep 1, 2017 in Articles | 0 comments

Bagian 1 Introduction ” Teknik pembukaan yang berkesan.

Urutan yang mudah di ingat dan dipamahi

Seminar tidak ubahnya seperti sebuah lakon dalam drama, dimana semua gerakan, kata-kata dan situasi telah di rancang sedemikian rupa dengan satu tujuan, yakni agar pesan yang ingin disampai oleh drama tersebut dapat diterima dengan jelas oleh penonton. Didalam seminarpun Anda harus membuat sebuah scenario agar isi dan pesan yang Anda sampaikan bisa dengan jelas diterima oleh audients.

Teknik membuat Episode dalam seminar :

1. Catch them

Sebelum Anda bisa menyampaikan informasi atau isi materi presentasi Anda, terlebih dahulu Anda harus berhasil menangkap perhatian dari audients Anda. Pada bagian terdahulu, saya sudah membahas serta memberikan 10 contoh teknik membuka sebuah presentasi yang berkesan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat meng catch perhatian audients Anda.

2. Teach them

Kemudian, ajarkan mereka mengenai topik yang akan Anda bahas. Urut-urutan dalam proses ini harus jelas, sehingga audients mudah memahami isi dari materi pembahasan Anda.

3. Work them

Lalu, bekerja bersama-sama dengan mereka atau memberikan mereka tugas untuk kemudian Anda amati , apakah mereka mengerti apa yang Anda ajarkan.
Saat memberikan tugas untuk mereka kerjakan, diskusikan atau mereka lakukan, pastikan Anda terlebih dahulu memberikan contoh, sehingga mereka lebih mudah untuk memahaminya.

4. Test them

Anda juga bisa menguji apakah materi yang Anda sampaikan sudah mereka mengerti. Caranya dengan memberikan test kepada mereka. Anda bisa memberikan quiz, dimana peserta yang bisa menjawab akan memperoleh gift (buku, cd, dvd, dll).

Structure sebuah Presentasi

1. Introduction

  • Opener

Kalimat pembuka yang Anda ucapkan pertama kali saat akan memulai pembicaraan. Anda dapat memilih 1 dari 10 cara membuka public speaking (Rahasia V)

  • Topik

Sebutkan topik yang akan Anda bicarakan saat ini. Dan yang terpenting adalah pastikan bahwa opening Anda harus sesuai dengan topik yang akan Anda bicarakan

  • Agenda

Kemudian Anda bisa sebutkan agenda pembicaraan Anda saat ini dengan sedikit memberikan gambaran mengenai materi Anda.

2. Body

  • Main points one

Illustration
(Terdapat 7 cara untuk memberikan illustrasi pada setiap main point)

  • Main points two

Illustration
(Terdapat 7 cara untuk memberikan illustrasi pada setiap main point)

  • Main points three

Illustration
(Terdapat 7 cara untuk memberikan illustrasi pada setiap main point)

3. Conclusion

  • Reviews of main points

Ulangi kembali secara singkat poin poin yang sudah Anda sampaikan untuk membuat pengengar Anda mengingat apa yang Anda sampaikan

  • Concluding Grabber

Kata terkahir yang Anda ucapkan untuk menutup public speaking Anda
( Anda bisa gunakan teknik closing yang akan dibahas dalam rahasia VI)

Originally posted 2016-01-06 19:00:02.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*