Teknik Penyesuaian Diri terhadap Audience

Posted by on Apr 28, 2017 in Articles | 0 comments

“Hal-hal apa yang Anda rasakan saat akan tampil untuk berbicara di depan umum?” Pertanyaan ini sering saya ajukan ke peserta seminar saya dan rata-rata mereka memberikan jawaban yang sama, yakni:

  • Keringat dingin
  • Pucat
  • Gemetar
  • Bingung
  • Kebelet kencing
  • Takut
  • Gugup
  • Sesak napas

Ada rumus yang ampuh untuk mengatasi dan menguasai rasa takut bicara di depan umum :

  1. Penyesuaian diri

Ketakutan umumnya adalah tanda dari ketidakbiasaan melakukan sesuatu. Saat Anda mulai terbiasa, ketakutan itu umumnya akan berangsur-angsur berkurang. Jika tubuh dan pikiran Anda telah terbiasa akan sesuatu, otomatis ketakutan Anda akan berkurang.

Penyesuaian diri bisa dilakukan dengan dua cara:

  • Secara Fisik

Datanglah lebih awal untuk mengecek segala sesuatu. Kalau memungkinkan, cobalah panggung dan mikrofon, lalu berjalan-jalanlah di panggung untuk merasakan suasana panggung.

 

  • Secara Mental dan Pikiran

Tubuh dan pikiran adalah satu paket. Ketidaknyaman pada salah satunya akan menyebabkan ketidaknyamanan pada keduanya dan mengubah salah satu berarti mengubah keduanya.

Lakukan secara berulang-ulang beberapa hari sebelum acara berlangsung karena pikiran bawah sadar Anda tidak pernah mengetahui mana yang imajinasi dan mana yang realitas. Saat membayangkan sudah menjalaninya, tubuh Anda akan menganggap Anda memang sudah melakukannya sehingga rasa takut atau gugup pun berkurang.

 

  1. Pernapasan

Secara logika, saat seseorang merasa takut, napas yang ditarik menjadi pendek. Apalagi kebanyakan orang melakukan pernapasan dada sehingga napas yang pendek-pendek ini jadi semakin tidak maksimal.

Karena kekurangan oksigen, tubuh Anda menjadi dingin, pucat, dan gemetar. Yang paling parah, oksigen tidak secara maksimal masuk ke  otak sehingga terciptalah kebingungan atau kondisi “blank”. Oleh karena itu, cara pertama untuk mengatasi rasa takut saat akan berbicara adalah mengendalikan pernapasan. Tarik napas dalam-dalam dengan hidung dan gunakan pernapasan perut.

 

Cara melatih penapasan perut:

  1. Taruh tangan kanan di atas perut
  2. Tarik napas dengan hidung
  3. Rasakan perut Anda mengembung saat Anda menarik napas
  4. Embuskan napas perlaha-lahan dengan mulut
  5. Rasakan perut Anda mengempis saat napas diembuskan atau dikeluarkan

 

Bagi sebagian orang ini tidak mudah dan butuh latihan. Jadi, sebelum tampil, saran saya tarik napas dalam-dalam (gunakan pernapasan perut) sepuluh hingga lima belas kali.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery.

 

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*