Training Public Speaking di Jakarta

Posted by on Jan 7, 2016 in Articles | 0 comments

Dalam Training Public Speaking, ada pertanyaan yang sering di tanyakan oleh peserta workshop kami, yaitu bagaimana jika saya tiba-tiba gugup dan tidak bisa mengkontrol tubuh saya? Ongky Hojanto seorang Trainer public speaking menyarankan bahwa gugup dan kehilangan kontrol akan tubuh disaat presentasi itu wajar Malah bisa dikatakan berindikasi bagus. Harus dimengerti bahwa semua orang akan menjadi gugup jika dia memang perduli tentang pembahasannya, mengindikasikan bahwa dia sungguh sungguh dalam presentasinya. Kehilangan kontrol atas tubuh Anda ketika Anda mendadak gugup adalah bukti bahwa tubuh Anda mengalami ketegangan. Dalam ilmu kesehatan, itu terjadi karena otak membutuhkan lebih banyak oksigen dari sistem tubuh Anda. Sebenarnya itu akan membantu Anda menjadi lebih fokus dan berbicara lebih jelas lagi, akan tetapi itu menjadikan tubuh Anda seperti tidak terkontrol dikarenakan otak meminta oksigen lebih dan mengakibatkan sistem peredaran oksigen menjadi tidak teratur. Sekali lagi itu menunjukan Anda sungguh perduli tentang materi Anda. Jadi itu bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan.

Begitu Anda menyadarinya Anda akan mengerti apa yang terjadi dan menerima dan mengatasinya. Dalam Training Public Speaking, ada orang yang ketika berada di atas panggung, lututnya mulai gemetaran, Ada yang mulas, ada juga tangannya yang gemetaran. Yang dilakukan adalah ketahui dulu jika Anda melakukan presentasi, dan ketika Anda mengalami kegugupan tersebut apa yang tubuh Anda lakukan. Jika mulas tentunya jangan makan sebelum presentasi atau jika lutut Anda bergetar, berdirilah di dekat pegangan dan kuasailah diri Anda dahulu. Intinya adalah temukan cara bagaimana mengatasi kehilangan kontrol atas tubuh Anda ketika gugup.

Sebab yang paling buruk yang akan terjadi yaitu jika seseorang merasa gugup dan tidak mengetahuinya. Akan terjadi banyak keanehan yang tidak disadari dilakukan oleh orang yang akan melakukan presentasi, Ada yang ketika merasa gugup, selama presentasi, jarinya berada di kuping. Diapun tidak menyadari ini sampai dia melihat video nya sendiri. Juga ada yang mengambil pena atau pulpen dalam sakunya dan mulai membunyikannya sehingga mengganggu pendengarnya dengan bunyi klik klik. Contoh lainnya adalah selama presentasinya seseorang bertepuk tangan sehingga mengganggu konsentrasi Audience nya. Banyak contoh-contoh lainnya yang dilakukan orang untuk mengatasi rasa gugupnya, dan di dalam Training public speaking, Anda dibantu untuk dapat mengatasinya. Seorang Trainer Public Speaking dalam trainingnya akan memperhatikan dan menemukan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh peserta training dan mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*