Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi Saat Public Speaking

Posted by on Oct 20, 2023 in Articles | 0 comments

Motivator | Pembicara | Public Speaking Dikutip dari halodoc.com edisi Juni 2022, dijelaskan bahwa gagal fokus merupakan masalah yang umum terjadi namun bisa menghambat pekerjaan Anda. Jadi, jika Anda mengalami masalah dengan daya ingat dan juga konsentrasi, Anda harus segera mencari solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut sehingga pekerjaan Anda dapat berjalan normal dan lancar kembali.

Begitupun dalam public speaking. Apabila Anda mengalami gagal fokus, memiliki masalah dengan daya ingat, hingga sulit untuk meningkatkan konsentrasi, maka hal tersebut secara langsung akan berpengaruh kepada presentasi atau public speaking yang akan Anda lakukan. Apa yang Anda sudah siapkan sebelumnya, bisa saja buyar ketika fokus Anda tidak sepenuhnya berada dalam presentasi tersebut.

Baca juga : Mengoptimalkan suara saat presentasi 

  • Salah penyebab kurangnya konsentrasi adalah gugup yang berlebihan

Menurut cnnindonesia.com edisi Agustus 2019, rasa gugup yang dihadapi ketika Anda akan melakukan presentasi dihadapan orang banyak atau public speaking adalah hal yang wajar. Hal ini dianggap sebagai suatu kondisi yang sulit untuk dihindari karena ketidakmampuan seseorang untuk mengontrol dirinya sendiri.

Meski menjadi penghalang, bukan hal yang mustahil apabila Anda ingin mengatasi rasa gugup ini. Tanamkanlah dalam diri Anda bahwa banyak pembicara hebat yang pada awalnya bukanlah seseorang yang pandai untuk berbicara di hadapan banyak orang. Mereka juga mengalama yang namanya kegugupan saat akan melakukan presentasi, namun mereka memilih mengatasi rasa gugup tersebut ketimbang membiarkannya bersarang di dalam diri dan menjadi penghalang untuk melakukan presentasi.

  • Ada 3 cara sederhana untuk meningkatkan daya ingat serta konsentrasi Anda :

1. Pahami materi yang akan Anda sampaikan

Memahami serta menguasai materi apa yang akan Anda sampaikan dalam presentasi public speaking adalah poin utama yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi Anda selama acara tersebut berlangsung. Dengan pahami dan juga mengerti materi apa yang akan Anda bawakan, maka Anda bisa mengatasi setengah masalah yang ada.

2. Rajin berlatih

Rasa gugup yang menyebabkan hilangnya konsentrasi Anda dalam membawakan presentasi biasanya terjadi karena Anda belum terbiasa untuk berbicara di hadapan banyak orang. Oleh karena itu, untuk membiasakan diri Anda dalam berbicara dengan banyak orang maka Anda harus rajin berlatih. Ada dua opsi yang dapat Anda lakukan, yaitu berlatih sendiri dengan melihat diri Anda di cermin atau merekamnya atau meminta bantuan kepada orang yang Anda percaya untuk berperan sebagai audiens Anda.

3. Istirahat yang cukup

Kegugupan atau rasa cemas namun juga bersemangat yang kerap kali muncul ketika Anda akan membawakan sebuah presentasi biasannya juga akan membuat Anda sulit untuk tertidur atau sekedar beristirahat karena yang ada dalam pikiran Anda hanyalah bagaimana cara untuk membawakan presentasi tersebut dengan sempurna.

Hal ini lah yang sebaiknya Anda hindari jika ingin tetap fokus dan juga berkonsentrasi penuh dalam presentasi yang akan Anda bawakan nantinya. Pastikan diri Anda memiliki cukup waktu untuk beristirahat sehingga ketika presentasi nanti tubuh Anda dalam keadaan yang segar dan sehat, dan tidak kelelahan.

Makan nasi pakai piring

Lauknya pakai belimbing

Ayo tingkakan kemampuan public speaking

Agar menjadi pembicara yang amazing

Semoga bermanfaat!

Oleh : Isabelle Anjani

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik   DISINI   dan temukan jawabannya.Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik   www.publicspeakingacademy.co.id   atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle Anjani 0811 3440 909

Recent search terms:

  • https://belajarpublicspeaking com/meningkatkan-daya-ingat-dan-konsentrasi-saat-public-speaking

Originally posted 2022-12-15 07:09:48.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*