Tips Mengoptimalkan Suara Saat Presentasi

Posted by on Dec 14, 2022 in Articles | 0 comments

Motivator | Pembicara | Public Speaking Dalam jurnal Communication In The Real World yang dikeluarkan oleh Universitas Minnesota pada tahun 2016, dijelaskan bahwa vokal mencakup komponen penyampaian ucapan yang berhubungan dengan suara Anda. Ini termasuk cepat/lambat, keras/lemah, tinggi/rendah, artikulasi, pengucapan, serta kefasihan dari suara Anda.

Intonasi suara Anda sangat penting untuk diperhatikan ketika Anda berbicara, teruma ketika Anda tengah membawakan sebuah presentasi. Dengan membawakan presentasi dengan intonasi suara yang baik, maka audiens Anda akan lebih mudah menangkap dan memahami maksud dari materi yang Anda sampaikan.

Baca juga : 3 kelebihan presentasi impromptu 

Praktekkan 3 tips ini untuk mengoptimalkan suara Anda ketika presentasi :

1. Latihlah variasi intonasi suara

Untuk mengoptimalkan suara Anda ketika membawakan presentasi, Anda harus memperbanyak latihan dengan berbagai macam variasi intonasi sehingga nada suara yang Anda berikan kepada audiens Anda dapat beragam dan membuat presentasi tersebut hidup serta membuat audiens Anda tertarik untuk mendengarkan presentasi Anda.

Latihlah kecepatan suara yang Anda gunakan, perhatikanlah jeda pada setiap kalimat yang Anda ucapkan, terapkan penggunaan yang pas pada tinggi rendahnya suara yang Anda tampilkan, dan hal serupa lainnya.

2. Kuasai nada suara Anda

Selain berlatih, Anda juga perlu menguasai nada suara yang Anda karena hal tersebut adalah salah satu komponen terpenting untuk membangun citra diri Anda di hadapan audiens. Namun, meskipun Anda sudah menguasai nada dari suara Anda, ada baiknya sebelum naik ke atas panggung Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu atau latihan ulang dengan melatih nada suara serta pernapasan Anda.

3. Bicara dengan percaya diri

Kepercayaan diri adalah kunci nomor satu dari keberhasilan suatu presentasi. Dengan tampil percaya diri maka hampir setengah masalah yang Anda hadapi dalam presentasi tersebut akan teratasi. Hilangkanlah rasa kurang percaya diri yang menghinggapi diri Anda ketika sudah berada di hadapan audiens dengan mencari posisi yang membuat Anda nyaman, membuat bahasa tubuh terbuka sehingga menunjukan bahwa Anda percaya diri, dan bicaralah dengan jelas. Tampilkan sesuai dengan apa yang sudah Anda latih sebelumnya.

Ayo latihlah kemampuan Anda dalam mengoptimalkan nada suara ketika membawakan presentasi, agar audiens dapat memahami apa yang Anda sampaikan dalam presentasi tersebut.

Semoga bermanfaat!

Oleh : Isabelle Anjani

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik   DISINI   dan temukan jawabannya.Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik   www.publicspeakingacademy.co.id   atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle Anjani 0811 3440 909

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*