3 Kebenaran Tentang Bahasa Tubuh

Posted by on Aug 29, 2018 in Articles | 0 comments

Public Speaking Jakarta | Sebenarnya, bahasa tubuh adalah hal sederhana yang membutuhkan pengamatan dan akan sehat, dibandingkan dengan buku yang berisi aturan-aturan. Bahasa tubuh merupakan ekspresi lahiriah dari kondisi batin. Bahasa tubuh hanyalah efek akibat dari dorongan perasaan yang menggelora untuk menjelma dibagian tubuh anda.

Baca Juga : Menghentikan Kebiasaan Buruk Dalam Presentasi

Seorang public speaker yang pikiran dan perasaanya mengalir di dalam dirinya tidak akan terlalu kesulitan mengungkapkan bahasa tubuhnya, hanya perlu diarahkan agar penggunaanya tepat. Bahasa tubuh harus muncul secara alami, tidak direncanakan. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memahami materi yang akan dipresentasikan, dengan begitu gerakan tubuh anda akan mengikuti dengan materi yang akan anda sampaikan.

– Bahasa Tubuh yang Menarik Perhatian adalah Bahasa Tubuh yang Buruk

Tujuan bahasa tubuh adalah menyampaikan pikiran dan perasaan anda kepada benak dan hati para pendengar anda dan dilakukan dengan memberi penekanan pada pesan yang anda sampaikan. bahasa tubuh dibenarkan hanya jika digunakan untuk mendukung penyerapan pikiran, menjadi kesalahan fatal jika digunakan berlebihan dan tidak sesuai dengan konteks ketika anda berbicara di depan umum.

– Hindari Bahasa Tubuh yang Monoton

Seefektif apapun satu bahasa tubuh, jangan menggunakannya terlalu sering. Variasikan gerakan tubuh anda. Kemonotonan akan menghancurkan keindahan dan kekuatan.

– Gerakan yang Tidak Penting Justru Melemahkan

Semakin banyak gerakan yang tidak berguna justru semakin mengalihkan perhatian audiens dari apa yang sedang anda sampaikan. Pembicara yang cerdas akan mempertahankan perhatian audiensnya dengan menghilangkan gerakan-gerakan yang tidak perlu.

Bubuhi bahasa tubuh anda dengan sedikit “sengatan” dan semangat. Namun, anda tidak bisa melakukannya secara terencana. Jika pun anda melakukannya, para audiens akan menyadarinya. Audiens mungkin tidak tahu persis apa yang salah, tetapi bahasa tubuh anda akan tampak salah di mata audiens. (Mardiana Fitriani)

 

Public Speaking Indonesia | Training Public Speaking

Pelajari teknik menampilkan bahasa tubuh bersama Public Speaking Jakarta dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0812 495 0909

Originally posted 2018-04-03 16:03:59.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*