3 Langkah praktis dalam membuat pembukaan presentasi

Posted by on Oct 16, 2017 in Articles | 0 comments

Suatu survey membuktikan, Introduction atau pengenalan awal adalah salah satu rahasia Belajar public speaking. Bagaimana Anda mendapatkan perhatian dari para audience di awal presentasi Anda merupakan suatu keharusan bagi seorang public speaker.

Ada 3 langkah sukses sebagai seorang publik speaker untuk mendapatkan perhatian audience pada awal presentasi.

  1. Inovasi dan kreatif di awal presentasi. Ketika Anda melakukan introduction atau pengenalan awal, ada kebiasaan memperkenalkan nama, mengucapkan terima kasih atas kesempatan. Anda seperti terprogram untuk membawakan materi Anda. Pendengar Anda hanya akan menganggap Anda sebagai salah satu pembicara yang biasa-biasa saja dan membosankan. Ide kreatif di awal presentasi dapat berupa cerita yang inspiratif. Dan dalam cerita, Anda dapat melakukan pemisahan karakter, yaitu suatu saat dimana Anda harus bercerita tentang pengalaman Anda atau pengalaman orang lain dan sangat baik jika Anda dapat memerankan peran kedua orang tersebut. Douglas wilson dalam salah satu seminarnya, menceritakan pengalamannya saat masih kecil dimana dia terjatuh dari pohon dan ayahnya datang untuk membantu. Saat dia menjadi ayahnya, dia melihat kebawah dan ketika dia memerankan dirinya yang masih kecil, dia melihat keatas.
  2. Love the audience. Dalam suatu seminar public speaking, tidak terlepas dari management manusia, atau bagaimana kita berhubungan dengan orang. Maxwell berkataAnda bisa mendapatkan lebih banyak teman dalam waku 2 bulan dengan menjadi tertarik kepada orang lain dibandingkan 2 tahun anda mencoba membuat orang lain tertarik kepada anda. Berilah pujian yang jujur kepada audience Anda, sehingga Anda mendapat simpati dari audience Anda dan terhindar dari pertanyaan-pertanyaan yang mengganggu pembukaan seminar Anda. Senyum yang tulus dapat dibaca sebagai ajakan persahabatan dan penerimaan. Yang terakhir tapi tidak kalah pentingnya adalah kontak mata dalam seni public speaking.
  3. Kesimpulan atau goal anda . Peserta seminar dapat mengetahui isi atau apa yang akan mereka pelajari sehingga mereka dapat melihat korelasi dari presentasi Anda. Dengan melihat kesimpulan yang sudah anda paparkan di awal. Anda bisa memulainya dengan : Hari ini Anda akan mempelajari tentang topik A. Atau Selama 2 jam ke depan Anda akan mengetahui tentang B”. (kesimpulan anda).

Originally posted 2016-01-07 17:40:18.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*