Apakah perkenalan diri anda sudah menarik ?

Posted by on Nov 14, 2018 in Articles | 0 comments

Seberapa sering anda pernah mendengar yang seperti ini ?

“Halo. Nama saya John Smith. Senang sekali bertemu anda disini. Perkenankan saya menceritakan latar belakang saya. Saya memulai profesi ini pada umur 19 tahun……lantas saya…..Setelah itu saya…..”

Public Speaking Jakarta | Di titik ini, mata-mata mulai tertutup, dan audiens mulai menguap. Saying sekali, begitu banyak pembicara memulai dengan cara tersebut karena mereka belum tahu cara yang lebih baik. Mereka pikir hal terpenting yang harus dilakukan sebelum audiens mau mendengarkan mereka adalah menyatakan kualifikasi mereka. Meski anda harus menyatakan kualifikasi anda, hal itu harus dilakukan hanya setelah anda mendapat cukup perhatian dari audiens sehingga mereka mau mendengarkan anda. Pertama, gugahlah ketertarikan. Lalu perkenalkan diri anda.

Baca Juga : Menarik Perhatian dengan Suntikan Kekuatan

Terdapat beberapa teknik untuk membuat perkenalan diri anda menarik :

  1. Jangan memulai dengan, “Terima kasih atas kesempatan untuk bekerja sama dengan anda hari ini”

Tidak apa-apa mengatakan hal ini. Hal ini adalah hal yang sopan untuk dilakukan. Akan tetapi, katakanlah setelah anda menyampaikan pembuka yang kuat, bukan sebelumnya.

  1. Jika anda belum diperkenalkan secara formal, gunakan penarik perhatian, sebutkan target-target pembelajaran, dan lakukan tinjauan singkat mengenai agenda workshop

Lantas sebutkan nama lengkap anda, perusahaan atau afiliasi, dan beberapa informasi latar belakang yang menggambar kualifikasi anda untuk berbicara di hadapan audiens.

  1. Latih dan praktikkan perkenalan diri anda

Mengenai latar belakang anda, kemukakan saja poin-poin yang relevan bagi materi yang akan anda bawakan.

  1. Berinteraksilah dengan audiens anda

Ingat, tataplah audiens, tersenyumlah dan lakukan kontak mata dengan audiens.

  1. Jangan mengulang

Jika anda secara formal diperkenalkan oleh orang lain, berterimakasihlah dan segera mulai dengan gunakan penarik perhatian, sebutkan target-target pembelajaran,  dan lakukan tinjauan singkat mengenai agenda workshop.

Jadi, apakah perkenalan diri anda sudah menarik ? (Mardiana Fitriani)

 

Training Public SpeakingPublic Speaking Indonesia  

Untuk membuat pembukaan yang menarik klik DISINI dan temukan jawabannya

Tingkatkan kemampuan Public Speaking dan presentasi anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0812 4950 909

Originally posted 2018-02-07 16:14:22.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*