Cara Mengatasi Keadaan Darurat Saat Presentasi

Posted by on Apr 11, 2016 in Articles | 0 comments

“Kita tidak dapat mengetahui apa yang akan terjadi di depan kita, tapi kita dapat mengantisipasi apa yang akan terjadi di depan kita.”

 

Tetap memegang kendali dalam situasi tidak terkendali. Misalnya, saat seorang pembicara datang ke tempat training dan acara akan segera dimulai, barulah dia menyadari bahwa materi training yang dibuat semalam tidak tersimpan di laptopnya. Pasti awalnya akan merasa panik, namun sebagai seorang pemegang pengendali harus bisa mengatasi situasi dengan mengubah konsep training tersebut menjadi sebuah diskusi dan mind storming.

Berikut beberapa kondisi yang perlu Anda antisipasi yaitu:

  1. Lampu Padam
  2. Laptop atau LCD rusak
  3. Materi hilang dari laptop
  4. Laptop terkena virus
  5. AC tidak dingin
  6. Peserta terlalu banyak ataupun terlalu sedikit
  7. Sound system rusak
  8. MC tidak datang

Dan berikut merupakan solusi khusus untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Lampu Padam; kalau terjadi di hotel dan hanya pada beberapa menit, Anda bisa meminta Audience untuk bernyanyi, memberi toilet break selama 5 sampai 10 menit, atau meminta Audience untuk berdiskusi dengan teman disebelahnya; dan jika lampu padam dalam waktu yang lama, Anda bisa meneruskan presentasi.
  2. Laptop atau LCD rusak; Anda bisa menyewa laptop atau LCD hotel atau melakukan presentasi tanpa laptop.
  3. Materi di laptop hilang; tetap lanjutkan presentasi tanpa laptop. Untuk mencegah hal tersebut, lakukan triple backup. Bisa disimpan di laptop, flashdisk/ harddisc, ataupun diprint.
  4. Laptop terkena virus; solusinya sama dengan masalah sebelumnya.
  5. AC tidak dingin; untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan membuat jarak bangku antarpeserta lebih jauh, b erikan break lebih sering (setiap 30 menit, adakan permainan kipas-kipas (saling mengipasi antarpeserta), atau menyewa kipas angin.
  6. Peserta terlalu banyak ataupun terlalu sedikit; bisa membagi menjadi dua sesi dan tawar menawarkan bonus CD Anda bagi Audience yang mau dipindah sesi. Alternatif lain adalah membiarkannya tetap penuh, hal ini bisa menimbulkan efek positif antusiasme. Akan tetapi harus ditunjang juga dengan pendingin ruangan membuat ruangan nyaman; jika sedikit bisa menggunakan sesi round table tanpa harus menggunakan theater style, bila memungkinkan pindah ke ruangan yang lebih kecil.
  7. Sound system rusak; dekatkan tempat duduk Audience dengan panggung agar suara Anda bisa terdengar.
  8. MC tidak datang; bisa meminta staff hotel untuk menjadi MC, atau bisa meminta salah satu peserta menjadi MC.

 

Setelah anda membaca artikel ini mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Matery, Trainerpreneur dan Im Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*