Mengapa Kita Takut Akan Public Speaking.

Posted by on Jan 7, 2016 in Articles | 0 comments

Suatu siang di kantor, Anda sedang mengerjakan tugas rutin, tiba-tiba atasan Anda mengetuk pintu, dan memberitahukan bahwa rekan Anda yang seharusnya melakukan presentasi untuk Perusahaan anda, berhalangan hadir, dan anda harus menggantikan dia untuk presentasi.Tiba-tiba ketakutan menghantui Anda, pikiran Anda berkecamuk,bagaimana ini bisa terjadi?. Kenapa dia tidak bisa hadir? Ini adalah pekerjaan dia , Saya tidak seharusnya pergi ke depan orang dan bicara. Pertanyaan ini muncul bertubi-tubi Anda membayangkan semua skenario buruk akan terjadi pada diri Anda.

Ketakukan untuk berbicara di depan umum menempati urutan 1 dalam daftar ketakutan manusia dibumi.Manusia bahkan berpikir lebih baik dia Mati saja dari pada berbicara di depan umum. Pertanyaan besarnya adalah Apa yang membuat manusia menjadi takut? Jawabannya sebenarnya ada dalam gen kita. Jawabannya terletak jauh sebelum manusia modern seperti Anda dan saya ada.

Dahulu kala, manusia primitif mencari makan sebagai pemburu, dan tentunya hidup mereka saat itu masih sangat sederhana, berburu, makan, dan kawin. Suatu ketika, saat nenek moyang kita berburu, kilat menyambar, angin bertiup kencang, hujan turun. Dan apa yang di lakukan pemburu ini? Dia pasti mencari tempat berteduh. Saat pemburu ini mencari tempat berteduh, dia melihat gua gelap dan cukup kering. Di situlah dia berteduh. Akan tetapi apa yang terjadi, di dalam gua tersebut selalu ada binatang buas yang juga bersembunyi atau tinggal disitu. Apa yang terjadi? Kemudian keluarlah seekor beruang yang besar AAAARRRG berdiri mau menerkam manusia ini. Dan seketika itu juga manusia langsung menanduk beruang itu dan beruang iu mati. Oh maaf manusia tidak mempunyai tanduk. Baiklah, kemudian manusia itu langsung menancapkan taringnya kepada beruang itu dan menyemprotkan bisa yang mematikan. Oh maaf tidak juga ya?. Manusia tidak memiliki taring ataupun racun. Apa yang terjadi kalau begitu? Yang terjadi adalah : Manusia itu akhirnya diterkam oleh Beruang dan mati. Ketika pemburu itu mati, dia tentunya sudah tidak bisa kawin. Dan peristiwa ini disaksikan oleh pemburu-pemburu yang lain.

Suatu hari seorang pemburu lain ingin berburu, dan hal yang sama terjadi, kilat menyambar, angin berhembus kencang, dan hujanpun turun. Apa yang terjadi : sang pemburu pun akan mencari tempat berteduh dan ketika dia melihat gua yang gelap dan kering, apa yang terjadi? Dia mengingat peristiwa temannya yang mati diterkam beruang. Satu yang ada di benaknya : kalau aku mati, aku tidak bisa kawin.dia menjadi takut. Takut itu ternyata hal baik,takut itu bisa menyelamatkan dia dari kematian dan tentunya bisa kawin. Itulah survival insting. Dan yang terjadi kemudian adalah pemburu ini masih bisa makan,kawin bahagia dan tentunya mempunyai banyak anak, yaitu anak-anak yang memiliki gen penakut. Dan turun temurun kita menjadi generasi penakut. Takut akan public speaking sebenarnya adalah takut akan kegelapan,takut akan ketidaktahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*