Mengetahui Teknik Berbicara di Depan Umum

Posted by on Oct 17, 2017 in Articles | 0 comments

Anda pasti pernah menghadiri sebuah pesta, entah itu Perkawinan, atau Ulang tahun teman Anda. Dan tentunya Anda sering melihat ada seseorang yang berbicara di depan hadirin yang diundang, Anda kemudian berpikir :Akan menyenangkan jika Aku yang berdiri di depan sana, berbicara dengan penuh percaya diri. Tapi tahukah anda, bahwa kemampuan berbicara di depan umum, adalah sesuatu yang tidak bisa anda dapatkan sejak lahir, akan tetapi bisa dipelajari?. Ada 3 tips ampuh yang bisa Anda pelajari agar dapat menjadi seorang pembicara seminar yang menakjubkan.

  1. Mengatasi Rasa Takut. Ketika Anda memulai presentasi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengatasi rasa takut Anda. Belajar public speaking, Materi yang baik jika dibawakan dengan tidak baik, hasilnya akan tidak baik pula. Contoh saja, Anda pasti setuju dengan saya jika saya mengatakan bahwa Pemanasan global itu adalah topik yang sangat penting, dan karena itu menyangkut masalah hidup mati kita sebagai manusia, hal ini perlu diketahui oleh semua manusia di bumi. Masalahnya adalah : Hampir semua topik mengenai Pemanasan global, selalu di bawakan oleh orang yang ahli dibidangnya, akan tetapi tidak mengerti cara berbicara yang baik di depan umum. Banyak dari Professor ini, kerjanya hanya meneliti. Dan ketika akan membawakan presentasinya, mereka menjadi gugup sehingga materi mereka tidak bisa terpresentasikan dengan baik. Yang perlu Anda ketahui bahwa, orang lain tidak melihat kegugupan anda, mereka tidak melihat tangan anda yang berkeringat dingin dan sebagainya. Mereka hanya perduli pada diri mereka sendiri. Jadi berhentilah kawatir, dan bawakan lah materi anda dengan percaya diri
  2. Jangan Menghafal Materi Anda. Banyak sekali orang melakukannya, dan mungkin Anda berpikir untuk melakukannya, sebaiknya jangan. Sebab otak kita kadang kala tidak dapat mengingat, apalagi dalam suatu keadaan yang bertendensi. Yang baik dilakukan adalah pilihlah 1-3 point yang sangat penting untuk anda sampaikan, sebab audience anda kebanyakan tidak dapat mengingat semua apa yang anda sampaikan, penting Anda ketahui untuk melakukan penekanan pada point penting anda di saat permulaan presentasi.
  3. Posture dan Gestrure. Dalam belajar public speaking, ketika anda akan memulai mempresentasikan materi, Anda tidak tau bagaimana memulainya, Anda tidak tau bagaimana posisi anda. Ini menjadi salah satu pemicu gugup dan takut Anda. Ada 5 cara meningkatkan percaya diri dalam public speaking yang bisa anda pelajari. Dan yang tak kalah pentingnya, ketika sudah mengetahui hal-hal yang diatas lakukanlah Latihan. Ungkapan Practise makes perfect , bisa Anda jadikan motto Anda.

Originally posted 2016-01-07 17:56:01.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*