Menjadi Pembicara Seminar yang Memukau

Posted by on Jan 7, 2016 in Articles | 0 comments

Ketika Anda berdiri didepan penonton,menjadi pembicara dalam sebuah seminar hal pertama yang Anda bicarakan atau yang ada di pikiran Anda adalah sikap Anda. Kepercayaan Anda tentang dunia ini mempengaruhi cara berpikir Anda. Seorang bayi tidak perlu diajarkan tentang cara dia menelan atau melampiaskan perasaannya, misalnya jika dia sedih dia akan menangis, jika dia gembira akan tersenyum dan seterusnya. Itu sudah dibentuk saat bayi tersebut masih berada di dalam perut Ibu, sudah ada dalam pirikiran bawah sadar. Akan tetapi saat Anda beranjak dewasa, Anda akan mendapatkan informasi baru ke dalam otak Anda. Informasi baru inilah yang akan menentukan sikap Anda.

Otak Anda adalah sebuah hard drive yang akan diisi oleh berbagai informasi dari kehidupan Anda sehari-hari. Jika Anda mempunyai hobby membaca koran, dan setiap hari Anda hanya membaca koran, maka yang terjadi adalah, otak Anda akan diisi oleh Artikel koran tersebut, cerita sensasi, prakiraan cuaca yang menjadi isi dari sebuah koran yang hampir keseluruhannya berisikan cerita yang “menjual” atau sensasi yang tentu bertujuan untuk menjual koran tersebut. Aspek sebuah koran adalah membuat cerita yang paling disukai oleh pembaca, tentu mereka telah melakukan survey dan mendapati bahwa cerita negatif dan sensasi merupakan cerita yang paling banyak di sukai. Jika Anda menyukai tabloid, pikiran Anda akan dipenuhi oleh gossip,cerita perceraian dll, yang menjadi isi dari tabloid yang Anda baca, dan yang pasti akan mempengaruhi cara Anda bersikap.

Jika Anda suka menonton, Tipe tontonan Anda akan sangat berpengaruh pada cara berpikir Anda, dalam film horor misalnya orang begitu terikat dalam suasana sehingga bisa memacu jantung dan ketika ada adegan yang mengagetkan, Anda bisa melompat dari kursi Anda. Jika tontonan Anda adalah film romantis dari Korea, cara berpikir Anda dan perilaku Anda akan menjadi serupa dengan cerita-cerita dalam film tersebut. Tipe acara televisi yang Anda sukai juga mempengaruhi cara Anda berpikir. Seperti sebuah perkataan :”Seperti seseorang berpikir akan dirinya,akan seperti itu manusia itu jadinya”. Jika Anda menanam kentang,jangan heran jika Anda akan menuai Kentang.

Jika Anda akan menjadi seorang Pembicara Seminar, Anda tidak akan menghafal semua pembicaraan Anda. Akan ada waktu dimana Anda akan berimprovisasi, akan ada pertanyaan dari audience Anda yang harus dijawab,dan sebagainya. Dan ketika moment itu datang, sikap Anda yang sudah terprogram dalam pikiran Anda itu yang akan keluar dari mulut Anda. Untuk itu seorang ahli komunikasi bernama Keith Highfoot menyarankan, untuk mempunyai attitude atau sikap yang baik, isilah pikiran Anda dengan buku-buku yang bermutu, orang sukses membaca buku yang baik, tontonlah film-film positif yang akan menjadikan Sikap Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Beliau menyarankan Brave heart, Walk A line, dll semua film-film yang menginspirasi, yang nantinya akan merubah siapa Anda sekarang, menjadi seseorang yang Anda inginkan nantinya jika Anda berdiri didepan panggung menjadi Pembicara Seminar.

Recent search terms:

  • cara menjadi pembicara dalam seminar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*